Apakah keberadaan kita memberikan manfaat untuk mereka?


Apakah keberadaan kita memberikan manfaat untuk mereka?


Sahabat, dalam hidup ini, kita tak perlu menjadi seseorang yang di takuti maupun di segani oleh orang - orang. Tetapi jadilah seseorang yang bisa berguna dan bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama orang - orang yang ada di sekitar kita. Mulailah dari hal - hal sederhana, hal - hal yang bisa kita lakukan untuk orang lain. Misalnya membantu teman kita untuk membawakan bukunya, atau sekedar menemani teman kita untuk keperpustakaan untuk meminjam sebuah buku. Yang terpenting membantu seseorang dalam hal yang positif.

Pertanyaannya Mengapa Kita Harus Menjadi Orang yang Bermanfaat ?

Karena ini salah satu perintah Rasulullah saw kepada umatnya. Sabda beliau:

خَيْرُ الناسِ أَنفَعُهُم لِلنَّاسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (Hadits Riwayat ath-Thabrani, Al-Mu’jam al-Ausath, juz VII, hal. 58, dari Jabir bin Abdullah r.a.. Dishahihkan Muhammad Nashiruddin al-Albani dalam kitab: As-Silsilah Ash-Shahîhah)

Menjadi Seseorang yang bermanfaat merupakan salah satu karakter yang harus di miliki oleh setiap muslim. Betapa indahnya jika kita bisa memberikan manfaat bagi orang yang ada di sekitar kita, melihat senyum mereka yang bahagia, bisa membuat hati kita pun tersenyum atas apa yang sudah kita perbuat untuk nya. Menjadi pribadi yang bermanfaat merupakan hal yang di perintahkan bagi seorang muslim, karena ini bagian dari sebuah Implementasi Konsep Islam yang penuh cinta, yaitu memberi. Tapi perlu di ingat, jika kita membantu seseorang, kita harus membantunya dengan Ikhlas, jangan pernah berharap untuk mendapatkan suatu imbalan ataupun berharap yang lain - lain. Kita harus membantunya dengan Ikhlah dan semata - mata untuk mendapatkan Ridho-Nya.

Banyak sekali cara yang kita bisa lakukan untuk menjadi orang yang bermanfaat, yaitu bisa menolong mereka dalam bentuk tenaga, fikiran, memberi bantuan dalam bentuk materi, memberi makan, meminjamkan uang, membayarkan hutang jika kita punya uang yang lebih, dan masih banyak cara yang bisa di lakukan untuk membantu seseorang yang membutuhkan.

Jika kita ingin memberikan manfaat bagi masyarakat luas, Jadilah seorang pemimpin, karena jika kita menjadi seorang pemimpin kita bisa memberikan banyak manfaat. contoh nya kita mulai dari menjadi pemimpin organisasi, menjadi kepala desa, camat, bupati, walikota, gubernur, atau bahkan menajdi Seorang Presiden. Karena jika kita menjadi seorang pemimpin kita bisa memberikan manfaat yang luas dengan kebijakan - kebijakan yang kita buat, untuk masyarakat luas. tapi perlu di ingat jadi lah pemimpin yang Adil, pemimpin yang Amanah atas yang sudah di Amanahkan masyarakat terhadapnya. jadilah pemimpin yang berani membuat sebuah kebijakan - kebijakan  manfaatnya yang bisa dirasakan masyarakat luas.

ini ada sebuah kalimat yang bagus untuk di baca, dipahami, di resapi oleh kita semua.

Orang tidak peduli seberapa hebatnya kita,
Orang tidak peduli seberapa pintarnya kita,
Orang tidak peduli seberapa kayanya kita,
Yang mereka pedulikan hanyalah satu,
"Apakah keberadaan kita memberikan manfaat untuk mereka?"


Pada kalimat Terakhir coba kita renungkan, sejauh ini apa yang sudah kita perbuat untuk orang - orang yang ada di sekitar kita. apakah diri kita sudah memberi manfaat bagi mereka atau belum?
jika belum, mulailah dari sekarang kita coba, agar diri kita bisa bermanfaat bagi orang lain.


semoga tulisan ini bermanfaat bagi sahabat semua. Terimakasih 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah keberadaan kita memberikan manfaat untuk mereka?"

Post a Comment