Kiat - Kiat Praktis untuk memelihara Pelaksanaan Shalat Shubuh Secara Konsisten

Kiat - Kiat Praktis untuk memelihara Pelaksanaan Shalat Shubuh Secara Konsisten

Keutamaan Shalat Shubuh sebenarnya tidak cukup hanya diungkapkan oleh pena, tidak bisa di ucapkan dengan kata - kata walau sefasih apapun pengucapannya, kecuali dengan firman Rabbul Alamin ( Allah ), ketika Dia bersumpah dengan waktu fajar, yang Dia tunjukkan kepada orang - orang yang berakal. Allah SWT.  Berfirman :

وَالْفَجْرِ (1) وَلَيَالٍ عَشْرٍ (2) وَالشَّفْعِ وَالْوَتْرِ (3) وَاللَّيْلِ إِذَا يَسْرِ (4) هَلْ فِي ذَلِكَ قَسَمٌ لِذِي حِجْرٍ (5) أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِعَادٍ

Demi fajar, dan malam yang sepuluh, dan yang genap dan yang ganjil, dan malam bila berlalu. Pada yang demikian itu terdapat sumpah (yang dapat diterima) oleh orang-orang yang berakal.  ( Qs. AL - Fajr : 1 - 5 )


Anda bisa saksikan sendiri di sini, bagaimana Allah SWT. mengawali sumpah dengan menyebut nama fajar. mengingat manusia tidaklah sama tingkat pemahamannya, padahal sesuatu yang digunakan untuk bersumpah disini amat agung nilai nya.

Demi Allah, bagi yang merenungi konteks ayat ini, akan melihat betapa kuat dorongan dan anjuran untuk melaksanakan Shalat Shubuh. Bagaimana tidak, karena anda melihat sendiri didalamnya terhimpun semua makna ruhiah yang melembutkan hati sekaligus melenyapkan kekerasannya.


Baik berikut ini Kiat - Kiat Praktis untuk memelihara Pelaksanaan Shalat Shubuh Secara Konsisten .

  1. Tidur Lebih Awal
  2. Niat Tulus dan Tekad yang kuat Jika akan Tidur
  3. Bersungguh - sungguh dalam Bersuci dan Membaca Dzikir Sebelum Tidur
  4. Meminta bantuan keluarga dan orang - orang Shalih agar Membantunya untuk Bangun dan Shalat
  5. Menggunakan Alat Bantu untuk Membangunkan Seperti Alarm
  6. Tidak makan terlalu kenyang sebelum tidur
  7. Tudur Qailullah di siang Hari
  8. Tekad Kuat untuk Bangun
  9. Jangan Sampai salah mempraktikkan Sunnah Berbaring
  10. Membantu Diri dengan Berbuat Taat kepada Allah SWT di siang Hari.

Abu Sulaiman Ad - Darani berkata, " Siapa berbuat baik di siang hari akan dicukupkan di malam hari. Siapa berbuat baik di malam hari akan dicukupkan di siang hari. Termasuk kebaikan yang lahir dari berbagai kebaikan adalah ketika seseorang melakukan sebuah kebaikan Allah akan mencukupinya dengan memberinya kemudahan untuk melakukan kebaikan yang lain, lalu kebikan berikutnya, dan seterusnya. Jika engkau ingin menggapai kebaikan shalat malam, Maka lakukan dulu kebaikan menundukan pandangan ( dari Hal - Hal yang haram ). Kalau engkau ingin mendapatkan kebaikan shalat shubuh , lakukanlah sedekah diam - diam. Kalau engkau mencari - cari hatimu ketika shalat, tetapi engkau tidak kunjung menemukan kebaikan rasa khusyuk, lakukanlah kebaikan dengan lebih awal menuju shalat. Dan Jadikanlah kata - kata Urwah bin Zubair berikut ini Sebagai Ikatan dalam kedua telingamu.
" Tidak ada Suatu kebaikan, kecuali ia pasti akan memanggil saudaranya sesama kebaikan yang lain "

Inilah kiat -kiat praktis dalam rangka menjaga konsistensi pelaksanan shalat shubuh. semua tak lain hanyalah usaha menempuh sebab, tetapi selanjutnya semua itu kita kembalikan kepada taufik dan anugrah Allah Yang Maha Pemurah, yang kalau bukan  karena-Nya  orang yang rukuk tidak mungkin akan mampu rukuk, orang sujud tidak mungkin akan pernah sujud, dan orang yang tidur tidak mungkin akan pernah bangun untuk shalat.


#Tausiyah
#motivasiislami
#bersamamenebarkebaikan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kiat - Kiat Praktis untuk memelihara Pelaksanaan Shalat Shubuh Secara Konsisten "

Post a Comment