10 Tips Bahagia dalam Hidup

Semua orang di dunia ini pasti menginginkan sebuah  kebahagiaan dan menginginkan sebuah ketenangan dalam hidup ini. Makna kebahagian itu sendiri berbeda-beda, tergantung dari bagaimana kita persepsi atau menyikapinya. Definisi kebahagiaan dalam Islam adalah perasaan tenang di dalam hati yang ada dalam setiap pemeluk agama Islam karena memiliki Allah SWT sebagai tujuan hidupnya. Apa aja sih tips agar selalu bahagia  simak tipsnya yuk!


1. Selalu Bersyukur

10 Tips Bahagia dalam Hidup

Kehidupan di dunia akan jauh terasa lebih bahagia jika kita selalu bersyukur atas segala nikmat nikmat yang telah di berikan oleh Allah SWT. Sebagaimana firman Allah:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Artinya: ” Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.(Q.S. Ibrahim: 7)

Bersyukur sangat penting untuk dilakukan baik keadaan senang atau pun susah. Bersyukur akan mendatangkan sebuah manfaat bagi diri kita. Diantaranya akan membuat hati kita menjadi tenang, ditambahkannya nikmat - nikmat oleh Allah SWT dan tentunya pasti disayang oleh Allah SWT. Manfaat ini tentunya akan membuat hidup kita lebih bahagia dan lebih bermakna karena hjati kita mendapatkan sebuah ketenangan.


2. Jangan Berharap Dengan Manusia

10 Tips Bahagia dalam Hidup


Imam Syafi’i mengatakan bahwa, “Ketika hatimu terlalu berharap pada seseorang, maka Allah timpakan ke atas kamu pedihnya pengharapan supaya kamu mengetahui bahwa Allah sangat mencemburui orang yang berharap pada selain-Nya, Allah menghalangi dari perkara tersebut semata agar ia kembali berharap kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.” 

Berharap kepada makhluk akan banyak mendatangkan kekecewaan. Orang yang anda berikan harapan, tak lain hanyalah seorang manusia biasa yang bisa berbuat kesalahan. Inilah salah satu alasan tetidakbahagiaan dalam hidup, kita sering mengenyampingkan Allah SWT. Padahal Allah SWT adalah pencipta kita, ia kuasa atas segala sesuatu termasuk mendatangkan kebahagiaan kepada kita. Berharaplah hanya kepada-Nya maka kau taakan merasa kecewa.

Tidak semua kebaikanmu
akan dibalas dan di apresiasi
oleh manusia,
manusia cepat lupa dan melupakan.

Akan tetapi berharaplah
hanya kepada Allah
Allah pasti membalasnya
Allah tidak akan menyia-nyiakan
Kebaikan seoarang muikmin

Jangan berhapa
kepada Manusia
Engkau akan kecewa


3. Sering bersedekah



10 Tips Bahagia dalam Hidup


Dengan bersedekah, maka hidup kita akan jauh lebih berkah dan lapang. Sebagaimana janji Allah SWT:

نْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Artinya: “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan”.(Q.S. Al Baqarah: 245)

Saat kamu bersedekah akan ada pintu - pintu rezeki yang terbuka. maka jangan takut, sedekah tidak akan membuatmu miskin. Alangkah indah nya hidup ini jika kita saling berbagi sesama manusia, karena dengan sedekah hidup kita akan bahagia, karena melihat orang lain bisa tersenyum, hati kita pun akan terasa bahagia.

4. Bersahabat dengan orang shaleh

Rasulullah bersabda:

“Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang sholih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak.” (HR. Bukhari no. 2101, dari Abu Musa.)

Salah satu nikmat pemberian Allah yang sampai detik ini harus selalu kita syukuri adalah mempunyai sahabat-sahabat yang shalih/hah. seorang sahabat, ia akan selalu mengingatkan kita ketika kita berbuat kesalahan, ia akan selalu membantu kita di saat kita kesusahan, ia yang akan selalu memotivasi kita untuk terus berbuat kebaikan, itulah yang disebut sahabat yang sholeh dan nan baikkk,,,.

5. Berbaik sangka kepada Allah

Ada banyak keutamaan berbaik sangka kepada Allah, salah satunya adalah mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup. 

 Allah SWT berfirman :

Artinya :Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak Mengetahui.” (QS Al Baqarah: 216

Apapun yang sedang terjadi berbaiksangkalah kepada Allah. karena Allah maha tau apa yang terbaik untuk diri kita.

6. Selalu menjalankan ibadah

Orang yang selalu berpegang teguh pada ajaran Islam, tentunya akan jauh lebih bahagia hidupnya. Hidup mereka akan dipenuhi dengan ridho Allah.

وَٱلَّذِينَ يُمَسِّكُونَ بِٱلْكِتَٰبِ وَأَقَامُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ إِنَّا لَا نُضِيعُ أَجْرَ ٱلْمُصْلِحِينَ

Artinya :” Dan orang-orang yang berpegang teguh dengan Al Kitab serta mendirikan shalat, (akan diberi pahala) karena sesungguhnya Kami tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengadakan perbaikan.” ( Q.S. Al A’raaf: 170)

Didalam hidup ini kita diperintahkan oleh Allah SWT untuk selalu menjalankan perintah-Nya dan Menjauhi larangan-Nya. maka didalam hidup ini senantiasalah beribadah kepada Allah SWT. karena dengan menjalankan ibadah hidup kita akan bahagia.

7. Mencari harta di jalan halal

Kehalalan harta yang didapat oleh seseorang  akan menentukan kebahagiaan seseorang atau tidak. Ia tidak akan pernah merasa tenang dalam hidup jika harta yang didapatkanya adalah harta haram. Rasulullah bersabda:

Demi Allah, bukanlah kemiskinan yang aku takutkan (akan merusak agama) kalian, akan tetapi yang aku takutkan bagi kalian adalah jika (perhiasan) dunia dibentangkan (dijadikan berlimpah) bagi kalian sebagaimana (perhiasan) dunia dibentangkan bagi umat (terdahulu) sebelum kalian,

Maka kalian pun berlomba-lomba mengejar dunia sebagaimana mereka berlomba-lomba mengejarnya, sehingga (akibatnya) dunia (harta) itu membinasakan kalian sebagaimana dunia membinasakan mereka”( HR. Bukhari Muslim)

Maka didalam mencari harta haruslah dengan cara yang halal, cara yang diridhoi oleh Allah SWT. jika harta yang kita dapat itu dengan cara yang halal, itu akan membawa keberkahan dan kebahagiaan dalam hidup kita.


8. Bersikap ikhlas

وَلَوْ أَنَّهُمْ رَضُوا۟ مَآ ءَاتَىٰهُمُ ٱللَّهُ وَرَسُولُهُۥ وَقَالُوا۟ حَسْبُنَا ٱللَّهُ سَيُؤْتِينَا ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ وَرَسُولُهُۥٓ إِنَّآ إِلَى ٱللَّهِ رَٰغِبُونَ

Artinya :”Jikalau mereka sungguh-sungguh ridha dengan apa yang diberikan Allah dan Rasul-Nya kepada mereka, dan berkata:

“Cukuplah Allah bagi kami, Allah akan memberikan sebagian dari karunia-Nya dan demikian (pula) Rasul-Nya, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berharap kepada Allah,” (tentulah yang demikian itu lebih baik bagi mereka).” ( Q.S. At Taubah: 59)

Ikhlas merupakan sifat yang sangat terpuji dan harus dimiliki oleh kaum beriman. Dalam Alquran, Allah memuji orang-orang yang ikhlas. Begitupula Rasulullah Muhammad SAW senantiasa mencontohkan sikap dan perbuatan ikhlas baik dalam beribadah (hablumminallah) maupun dalam berhubungan dengan sesama manusia (hablumminahnas).


9. Taubat

Tidak akan bahagia hidup seseorang sebelum ia melakukan taubat jika ia mempunyai dosa, apalagi jika itu adalah dosa besar dalam Islam.

وَإِذَا جَآءَكَ ٱلَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِـَٔايَٰتِنَا فَقُلْ سَلَٰمٌ عَلَيْكُمْ ۖ كَتَبَ رَبُّكُمْ عَلَىٰ نَفْسِهِ ٱلرَّحْمَةَ ۖ أَنَّهُۥ مَنْ عَمِلَ مِنكُمْ سُوٓءًۢا بِجَهَٰلَةٍ ثُمَّ تَابَ مِنۢ بَعْدِهِۦ وَأَصْلَحَ فَأَنَّهُۥ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Artinya :” Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka katakanla


10. Mendapat pasangan yang shaleh/shelahah

Rasulullah SAW bersabda:

“Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian ridhai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (HR. Tirmidzi. Al Albani berkata dalam Adh Dho’ifah bahwa hadits ini hasan lighoirihi)

Demikianlah 10 Tips Bahagia dalam Hidup. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman - teman semua. dan semoga keberkahan selalu menyertai kita semua. dan jangan lupa untuk terus menjalankan segala apa yang di perintahkan oleh Allah SWT. Insya Allah jika kita menjalankan perintah-Nya hidup kita akan bahagia di dunia maupun di Akhirat nanti. Aamiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips Bahagia dalam Hidup"

Post a Comment