KUNCI HATI YANG BERCAHAYA



KUNCI HATI YANG BERCAHAYA

Al-Imam Asy-Syafi'iy rahimahullah berkata:
"Siapa yang ingin Allah bukakan hatinya atau menjadikannya bercahaya, maka hendaklah dia meninggalkan ucapan yang tidak bermanfaat baginya."
----------------------------------------------
Adab Berbicara

1) Berhati-hatilah dari terlalu banyak berceloteh, terlalu banyak berbicara dan tertawa. Bahwa disana ada yang senantiasa mengamati dan mencatat perkataanmu.

Allah SWT berfirman, “Seorang duduk disebelah kanan, dan yang lain duduk disebelah kiri. Tiada satu ucapanpun yang diucapkan melainkan ada didekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir” (Q.S Qaaf: 17-18).

Jadikanlah Rasulullah SAW sebagai teladan, dimana beliau lebih banyak diam dan banyak berfikir, beliau juga menjauhkan diri dari terlalu banyak tertawa.

Jadikanlah setiap apa yang engkau ucapkan itu adalah perkataan yang mengandung kebaikan, dan jika tidak, maka diam itu lebih utama bagimu.

Rasulullah SAW bersabda: ”Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaknya dia berkata dengan perkataan yang baik, atau hendaknya dia diam.” (Muttafaqun 'Alaihi)

2) Tidaklah terpuji jika engkau selalu menyampaikan setiap apa yang engkau dengarkan. Karena kebiasaan ini akan menjatuhkan dirimu kedalam kedustaan.

Dari Abu Hurairah ra, sesungguhnya Nabi SAW bersabda: “Cukuplah seseorang itu dikatakan sebagai pendusta ketika dia menyampaikan setiap apa yang dia dengarkan.” (HR.Muslim dan Abu Dawud)

3) Jangan kalian memotong pembicaraan seseorang yang sedang berbicara atau membantahnya, atau meremehkan ucapannya.

Jadilah pendengar yang baik dan itu lebih beradab bagimu, dan ketika harus membantahnya, maka jadikanlah bantahanmu dengan cara yang paling baik sebagai syi’ar kepribadianmu.

Allah SWT berfirman, "Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik." (Q.S An-Naḥl : 125)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KUNCI HATI YANG BERCAHAYA"

Post a Comment