Di Sepertiga malam waktu terbaik berdoa



Di Sepertiga malam waktu terbaik berdoa

Sahabat, sebenarnya bukanlah hal sulit untuk bangun di sepertiga malam. Apalagi saat ini kita bisa terbangun dengan bantuan alarm dan alat bantu lainnya. Maka jika ingin mengerjakan tugas, menonton pertandingan sepak bola, dan kebutuhan lain di saat dini hari, bisa kita lakukan dengan mudah.
.
Akan tetapi jika bangunnya dimaksudkan dalam rangka mengerjakan shalat Tahajud. Kelihatannya lebih menantang untuk dilakukan, karena banyak yang terlupa pentingnya menghidupkan shalat malam terutama di waktu sepertiga malam terakhir.

.
Di antara doa yang mustajab (mudah diijabahi atau dikabulkan) adalah doa di sepertiga malam terakhir. Namun kita sering melalaikan hal ini karena waktu malam kita biasa diisi dengan tidur lelap. Cobalah kita bertekad kuat untuk mendapatkan waktu tersebut. Malamnya kita isi dengan shalat tahajjud dan memperbanyak do’a pada Allah atas setiap hajat kita.
.
Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,.
.
“Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757).
.
Ibnu Baththol berkata, “Waktu tersebut adalah waktu yang mulia dan terdapat dorongan beramal di waktu tersebut. Allah Ta’ala mengkhususkan waktu itu dengan nuzul-Nya (turunnya Allah). Allah pun memberikan keistimewaan pada waktu tersebut dengan diijabahinya doa dan diberi setiap  yang diminta.” (Syarh Al Bukhari, 19/118).
.
Kemudian shalat tahajud, shalat tahajud boleh dikerjakan di awal, pertengahan atau akhir malam. Ini semua pernah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana Anas bin Malik -pembantu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam– mengatakan,.
.
“Tidaklah kami bangun agar ingin melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam hari mengerjakan shalat kecuali pasti kami melihatnya. Dan tidaklah kami bangun melihat beliau dalam keadaan tidur kecuali pasti kami melihatnya pula.”.

Sahabat, diantara kta masih ada yang belum menyadari bahwa waktu sepertiga malam terakhir memiliki banyak keutamaan. Jika seseorang tidak menyadari keutamaan shalat di sepertiga malam terakhir, maka amat wajar jika ia tidak termotivasi untuk mengerjakannya. Sama seperti seseorang yang tak tahu manfaat olahraga, akan sulit baginya berolahraga.

Adapun beberapa keutamaan waktu sepertiga malam terakhir diantaranya:

  1. Allah mengabulkan doa di waktu tersebut
  2. Allah turun ke langit bumi
  3. Waktu di mana seorang hamba bisa berada paling dekat dengan Rabbnya
  4. Shalat di sepertiga malam memiliki banyak manfaat termasuk menangkal penyakit
  5. Bisa membuat seseorang lebih khusyu’ ketika shalat maupun membaca qur’an di waktu tersebut
Sahabat, semoga Allah SWT senantiasa selalu memudahkan kita untuk bangun di sepertiga malam terakhir untuk mendirikan shalat, sehingga kita menjadi bagian orang-orang yang shalih dan dekat dengan Allah SWT.
Aamiin...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Di Sepertiga malam waktu terbaik berdoa"

Post a Comment