7 Tips Ikhlas dalam Menuntut Ilmu

 7 Tips Ikhlas dalam Menuntut Ilmu
Setiap sisi kehidupan manusia pasti selalu mendapatkan halangan dan rintangan. Hidup di dunia tentu harus disikapi dengan bijak. Bencana dan kesulitan harus bisa dihadapi dengan keikhlasan.

Ikhlas yakni kita tidak mengharapkan apa-apa terkecuali ridha dari Allah SWT. Setiap keikhlasan tentunya mempunyai batasan tersendiri. Sama halnya dengan sifat sabar yang memang ada batasnya.

Namun ikhlas tanpa batasan merupakan hal yang yang sangat dicintai oleh SWT. Begitupun dalam kegiatan menuntut ilmu, kita harus ikhlas dan sabar dalam belajar, agar mendapat ridha darinya. Menjadi manusia yang berilmu tentu akan dicintai oleh Allah SWT. Maka dari itu, kedudukan belajar dalam Islam sangatlah penting dan dianjurkan. 

Hukum menuntut ilmu adalah wajib. Ilmu pengetahuan menurut islam dijelaskan dalam Al-Qur’an sendiri yakni, Yarfa’ illahulladziina aamanu minkum walladziina utul ‘ilma darajat yang artinya, Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat.

Keikhlasan dalam menuntut ilmu akan memberikan pengaruh kepada pribadi orang tersebut yang dapat dirasakan oleh orang yang berada di sekitarnya. Berikut ini 7 Tips Ikhlas dalam belajar :

1. Banyak berdoa’a

Jika kita tidak bisa menghadapi lagi masalah yang kita dapatkan dalam proses kita menuntut ilmu. Saatnya kita mencari bantuan kepada sang pencipta. Perbanyaklah doa kepada Allah SWT, curahkan kepadaNya segala kesusahan yang Anda dapatkan.

Kita diajarkan untuk ikhlas dan selalu berdoa jika dalam masalah. Mintalah kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam setiap urusan kita dan agar hati kita ditenangkan dan diberikan kekuatan dalam menjalani proses yang kita hadapi.


2. Banyak bersabar

Sabar adalah awal dari kita ikhlas. Ketika anda memiliki sikap sabar, anda dengan sendirinya merasakan bahwa anda sudah ikhlas dengan takdir yang sudah ada. Pada dasarnya tidak mudah untuk tahu cara bersikap sabar dalam segala hal semua tergantung dari diri kita masing-masing.


3. Menghidupkan dan Menjaga Ilmu.

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya bahwa ilmu adalah kunci kesuksesan yang dapat mengangkat derajat seseorang. Tak hanya itu, keutamaan ilmu akan lebih mudah diraih oleh seseorang jika ia menuntutnya disertai dengan hati yang ikhlas. Maka dari itu, yakinkanlah pada diri anda untuk senantiasa berusaha menghidupkan dan menjaga ilmu agar anda bisa terus termotivasi untuk belajar dan belajar.


4. Terus memperbaiki niat

Orang yang merasa telah ikhlas dalam menuntut ilmu merupakan ciri tidak ikhlasnya ia dalam menuntut ilmu. Orang yang ikhlas justru terus memperbaiki dirinya dan meluruskan niatnya dalam setiap amalannya dan tidak merasa dirinya telah ikhlas. Sebagaimana yang dikatakan ‘Amr, “Barangsiapa yang mengatakan dirinya adalah orang yang berilmu, maka dia adalah orang yang bodoh”. Ibnu Rajab mengatakan, “Orang yang jujur akan merasa takut dirinya tertimpa kemunafikan dan takut mengalami su-ul khatimah” (lihat Fadhlu ‘Ilmis Salaf ‘alal Khalaf, hal. 30-31)


5. Mengamalkan Ilmu yang Telah dipelajari.

selanjutnya agar seseorang hendak belajar disertai dengan rasa penuh keikhlasan adalah dengan memberikan motivasi bahwa apa yang ia pelajari akan memberi manfaat bagi dirinya beserta orang-orang disekitarnya dengan mengamalkan ilmu yang ia miliki. Ketika seseorang memiliki niat yang ikhlas dalam menuntut ilmu, maka ia akan mengerti bahwa ilmu yang ia cari bukanlah tujuan akhir, tetapi bekal dia untuk beramal sehingga ia akan berusaha mengamalkan setiap ilmu yang ia miliki.

Ilmu yang ita miliki harus di malakan dan harus bisa bermanfaat bagi sesama manusia. agar ilmu yang kita miliki bisa berkah dan bisa bermanfaat bagi generasi selanjutnya. Ilmu yang kita miliki harus kita tularkan kepada generasi generasi selanjutnya yang akan melanjutkan pembangunan bangsa ini, agar seluruh warga negara ini bisa sejahtera dan bahagia .


6. Jangan mudah putus asa

Keputusasaan akan menggiring hati Anda kepada sikap tidak ikhlas. Karena dengan putus asa anda tidak bisa merelakan segala sesuatu dalam diri sendiri. Rasa putus merupakan salah satu penyakit hati. Anda harus bisa menyadari bahwa anda tidaklah sendiri karena masih banyak di dunia ini yang juga memiliki masalah. Bahkan bisa jadi masalah Anda saat ini belum ada apa-apanya dibandingkan dengan orang lain. jadi, jangan mudah putus asa atas segala apa yang terjadi. teruslah bekerja keras dalam menuntut ilmu dan ingat untuk apa tujuan kita untuk menuntut ilmu agar menjadi motivasi kita untuk terus berjuang. 

7. Dengan Ikhlas, Ilmu Lebih Mudah Diraih dan Ilmu Akan Lebih Berkah

Ya, dalam ajaran islam, kita senantiasa dianjurkan untuk memiliki sifat  keutamaan ikhlas dalam islam, termasuk dalam menuntut ilmu. Ikhlas akan membuat segalanya lebih mudah untuk dijalani, termasuk belajar untuk mendapatkan ilmu. Oleh karena itu, anda bisa menanamkan keyakinan bahwa dengan ikhlas, ilmu akan lebih mudah diraih di dalam hati anda. Barangkali itu bisa menjadi motviasi yang kuat untuk anda. Barangkali banyak orang yang berilmu namun kurang memberi maslahat bagi kehidupan. Yah, itu disebabkan karena ilmu yang ia miliki tidak berkah dan tidak diridhoi oleh Allah swt. Tidakkah itu menjadi cerminan bagi anda bahwa ilmu yang berkah inilah yang dibutuhkan oleh diri kita, bagi orang lain dan tentunya diridhoi oleh Allah? Maka dari itu, untuk mendapatkan keberkahan ilmu anda harus menyertainya dengan keikhlasan


Demikianlah  7 Tips Ikhlas dalam Menuntut Ilmu. Semoga bagi teman teman semua yang sedang menuntut ilmu agar senantiasa untuk terus semangat dalam menuntut ilmu meskipun rasa letih, malas, capek, selalu datang merasuki pikiran kita tapi ingatlah tujuan kita untuk apa menuntut ilmu.  karena Hukum menuntut ilmu adalah wajib. Ilmu pengetahuan menurut islam dijelaskan dalam Al-Qur’an sendiri yakni, Yarfa’ illahulladziina aamanu minkum walladziina utul ‘ilma darajat yang artinya, Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat.
Semoga kita semua yang sedang berjuang menuntut ilmu sensntiasa dimudahkan dan dilancarkan dalam menuntut ilmu. Aamiin..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 7 Tips Ikhlas dalam Menuntut Ilmu"

Post a Comment