7 Tips jitu untuk Move On

7 Tips jitu untuk Move On
Selamat sore, sahabat penikmatrindu. Setelah tadi pagi saya membagikan artikel tentang motivasi tentang  Selamat Tinggal Masa Lalu, sore ini saya akan membaikan sebuah artikel tentang 7 Tips jitu untuk Move On dari kenangan masalalu versi penikmatrindu. 

Dalam sebuah perjalanan kehidupan seseorang sangat erat kaitannya dengan hal-hal yang bersifat membahagiakan dan juga ada hal-hal yang tidak menyenangkan. Kedua hal ini rupanya memiliki ujiannya masing-masing. 

Ketika kalian bahagia, kalian akan diuji seberapa besar kalian ingat kepada Allah SWT. Apakah kalian akan bersyukur atau melupakannya. Ketikan kalian berada dalam masa-masa sulit, Allah akan menguji kalian apakah kalian akan tetap berada di jalan yang benar untuk terus memohon pertolongannya dan berserah diri kepadaNya atau akan melupakannya. 

Move on sering kali erat kaitannya dengan hal-hal yang tidak menyenangkan seperti hilangnya sebuah kesempatan, hilangnya pasangan hidup yang sementara, hilangnya rezeki dan masih banyak hal-hal lainnya. Bagi sebagian besar dari kalian rupanya menyatakan bahwa Move On itu sulit karena sangat sulit untuk melepaskan kenangan indah bersama orang-orang terkasih dimasa lalu, namun pada kenyataanya kalian tidak boleh berada dalam kondisi bersedih yang berlarut-larut. 

Ya, kalian tidak boleh sedih yang berlarut - larut, karena kehidupan akan terus berjalan dan waktu akan terus berputar. Jangan terlalu memikirkan masalalu yang tidak menyenangkan. 

Lantas Bagaimana cara move on dari orang yang kita sayangi, termasuk mengatasi kegalauan hati terhadap setiap masalah yang menimpa kita.???

Islam memberikan obat penawar dari hati yang sedang tidak dalam keadaan baik. Maka tujuh kunci inilah yang mampu menjadi obat penawar bagi kalian yang ingin bersiap untuk Move on atas suatu kejadian.  Yuk Baca 7 tips  move on di bawah ini.




1.  Ikhlas

Yang pertama yaitu Ikhlas. Saat kalian memutuskan untuk mulai melanjutkan kehidupan, hal yang pertama dan menjadi modal kalian adalah keikhlasan.


Mengapa keikhlasan menjadi modal utamanya?

Ikhlas adalah merelakan segala hal yang kita harapkan dan yang kita inginkan dikembalikan pada Allah SWT, pemilik segalanya. Ikhlas mengantarkan kita untuk lebih mudah menerima kenyataan bahwa apa yang telah kita rencanakan tidak terjadi sesuai dengan waktu yang kita harapkan. Ikhlas membuat hati terasa lebih tenang. Ikhlas merelakan diri kita diarahkan oleh Allah SWT sesuai dengan rencana terbaik milik-Nya. 

Jadi ketika kalian sudah mampu berdamai dengan masa lalu, memaafkan diri sendiri atas kesalahan dimasa lalu, memaafkan orang-orang terkait di masa lalu dan memaafkan segala hal yang berkaitan dengan masa lalu dan juga tidak akan mengungkit atau memperhitungkan kembali kejadian tersebut dimasa yang akan datang, maka Insyaallah kalian sudah mulai ikhlas. 

Ikhlas tidak hanya terucap di bibir saja, tetapi ikhlas yang sebenarnya adalah yang tercermin dari perbuatan. Seperti pada surat Al-Ikhlas, surat tersebut tidak menyisipkan kata ikhlas diatara permulaan hingga akhir surat tersebut. Dengan maksud tersirat bahwa ikhlas yang sebenarnya tidak terucap pada sebuah kata melaikan perbuatan. 

Ikhlas yang sesungguhnya membuat kalian siap untuk menerima takdir kehidupan selanjutnya tanpa memiliki beban dalam hati. Jadi jika kalian sudah mengatakan ikhlas namun ada kata "tapi" sebagai alasan penyangkalan masa lalu, maka kalian belum ikhlas dalam arti yang sebenarnya.

وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُم بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ ۖ وَلَا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ تُرِيدُ زِينَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَن ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا

Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang yang menyeru Rabb-nya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaanNya. Dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharap perhiasan kehidupan dunia ini. Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya, dan adalah keadaannya itu melewati batas. [Al Kahfi : 28].



2. Yakinkan diri bahwa ini jalan terbaik

Tidak ada jalan yang paling baik selain jalan yang dipilih Allah untuk diri kita sendiri. Sebagaimana firman Allah SWT:

كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تَكْرَهُوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تُحِبُّوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Artinya: “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”(Q.S. Al Baqarah:216)

Dengan putusnya dari seseorang yang kita sayangi, berarti Anda telah diselamatkan oleh Allah SWT dari kemaksiatan dalam berzina. Maka bersyukurlah sebanyak-banyaknya atas jalan yang diberikan oleh Allah. Karena itu hendaknya kita selalu bersyukur atas apa yang sudah terjadi.  Karena ini pilihan terbaik yang telah dipilihkan oleh Allah untuk kalian.

Dalam Al-Qur’an Surat Al Baqarah ayat 216 dijelaskan:

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia sangat baik untukmu, dan boleh jadi kamu suka sesuatu, padahal ia sangat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahuinya.”

Kalau kamu sudah terlanjur sayang banget sama pacar kamu dan tiba-tiba putus, tenanglah! Ambillah air wudlu, sholat dan berdoa kepada Allah.

“Terima kasih Ya Allah, mungkin dia bukan yang terbaik untukku.”

Doa itu sudah dituliskan dalam Alquran. Janji Allah itu pasti. Segeralah move on, pasti ada pengganti yang lebih baik lagi yang telah Allah SWT siapkan untuk kita. tugas kita hanyalah terus memperbaiki diri dan terus beribadah kepada Allah SWT.


3. Sibukkan diri dengan kebaikan dan juga hal yang bermanfaat. 

Seperti kata Ibnul Qayyim, “Siapa yang tidak menyibukkan diri dengan hal yang manfaat pasti ia akan menyibukkan diri dengan hal-hal yang sia-sia.”

yang ketiga yaitu menyibukkan diri dengan kebaikan dan juga hal yang bermanfaat. untuk melupakan kenangan yang pernah dilalui atapun melupakan seseorang, hendaknya kita menyibukkan diri dalam hal - hal kebaikan dan bermanfaat, karena dengan melakukan hal - hal kebaikan dan bermanfaat tersebut kita bisa melupakannya. cara ini cukup efektif, karena saya sendiripun sudah merasakan kanya. dengan mealakukan aktivitas yang bermanfaat pikiran kita akan berfokus pada hal tersebut sehingga kita bisa melupakannya. 


4. Mendekatkan diri pada Allah SWT

Mendekatkan diri kepada Allah SWT sangat mudah dan sangat banyak pula cara untuk semakin mendekatkan diri padanya. Beberapa cara yang sering dilakukan adalah dengan cara shalat, berdoa, berzikir, berserah diri dan lain sebagainya. 

Memperbaiki diri dengan cara berhijrah ke jalan yang lebih baik yaitu mulai mengamalkan sunnah-sunnah yang telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW juga menjadi salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Semakin mencoba untuk terus mendekatkan diri kepada Allah SWT maka akan semakin tenang hati kalian dan sedikit demi sedikit akan mulai tergerus dari perasaan kesepian, keraguan, kehilangan dan perasaan-perasaan yang tidak menyenangkan lainnya.

Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, hati kita akan menjadi tenang dan tentram dan kehidupan yang kita jalani akan terasa nikmat dan bahagia. 



5. Banyak berdzikir

Dengan banyak mengingat asma Allah SWT, kita akan memiliki hati dan jiwa tenang dalam Islam. Berdzikir adalah salah satu cara atau tips menghilangkan galau dalam Islam. Salah satu keutamaan berdzikir adalah kita jadi lebih mudah untuk mensyukuri atas apa yang terjadi.


إِنَّ ٱلْمُسْلِمِينَ وَٱلْمُسْلِمَٰتِ وَٱلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَٱلْقَٰنِتِينَ وَٱلْقَٰنِتَٰتِ وَٱلصَّٰدِقِينَ وَٱلصَّٰدِقَٰتِ وَٱلصَّٰبِرِينَ وَٱلصَّٰبِرَٰتِ وَٱلْخَٰشِعِينَ وَٱلْخَٰشِعَٰتِ وَٱلْمُتَصَدِّقِينَ وَٱلْمُتَصَدِّقَٰتِ وَٱلصَّٰٓئِمِينَ وَٱلصَّٰٓئِمَٰتِ وَٱلْحَٰفِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَٱلْحَٰفِظَٰتِ وَٱلذَّٰكِرِينَ ٱللَّهَ كَثِيرًا وَٱلذَّٰكِرَٰتِ أَعَدَّ ٱللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Artinya:”Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”(Q.S. Al Ahzaab:35)


6. Lakukanlah hobi yang anda sukai

Jangan hanya termenung dan menganggur tanpa melakukan apa pun tapi berharap ada perubahan dalam hidup. Cobalah untuk melakukan yang hal - hal yang  anda sukai, apalagi jika hobi Anda dapat menghasilkan uang, tentunya Anda akan jauh lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Ya, lakukanlah hobi yang anda sukai dengan begitu kalian akan bisa melupakannya.  

Hobi juga bisa menjadi "pengingat" untuk tidak terlarut dalam kegagalan atau kejadian tersebut bahwa masih ada aktivitas lain yang akan membuat kita merasa lebih baik. Menjalankan hobi ternyata mampu menstimulus otak kita agar tetap berkembang. 

7. Berkumpulah dengan keluarga dan sahabat

Habiskan banyak waktu dengan keluarga dan sahabat Anda karena mungkin Anda juga terlalu banyak menghabiskan waktu dengan seseorang hingga melupakan mereka yang terdekat. Ajak mereka melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti berlibur agar Anda dapat mengalihkan pikiran Anda dari seseorang. 

karena dengan menghabiskan waktu bersama keluarga kita akan menemukan sebuah kenyamanan yang bisa membuat diri kita merasa bahagia .

Demikianlah 7 tips move on versi penikmatrindu, Semoga kalian semua bisa move on atas suatu kejadian yang tidak menyenangkan dalam hidup ini. Jangan kalian sesali apa yang sudah terjadi, jangan larut dalam kesedihan.  Ayo mari bangkit dari masalalu, jaadikanlah masalalu itu sebagai pembelajaran untuk masa depan. Karena kamu dirimu berhak untuk bahagia.  Karena masih ada orang orang yang harus kamu bahagiakan. Teruslah semangat menjalani kehidupan. Semoga kalian semua bisa Move On. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tips jitu untuk Move On"

Post a Comment