Kata Kata Bijak Tokoh Islam

Kata Kata Bijak Tokoh Islam 

Kata Kata Bijak Tokoh Islam


Bismillahhirrahmanirrahim:
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selamat Malam Sahabat penikmat rindu kali ini saya akan membagikan artikel tentang kata kata bijak tohoh islam yang sangat inspiratif bagi kita semua.  Ada banyak sekali tokoh - tokoh islam dunia yang bisa dijadikan sebagai inspirasi. Mulai dari generasi terbaik para sahabat hingga tokoh muslim dunia era sekarang. Mulai dari para pemimpin terkemuka, ilmuwan, ulama, hingga para pegiat dakwah dalam islam. Mereka adalah orang-orang dengan sikap mulia yang sangat layak dijadikan teladan serta memiliki wawasan keilmuan yang mumpuni.

Di antara inspirasi tersebut tercermin dari kata-kata bijak penuh hikmah dan nasehat yang pernah mereka ucapkan. Sejumlah kata-kata mutiara islam ini menjadi salah satu warisan dari para tokoh islam yang sangat bagus untuk disimak dan diambil sebagai nasehat.
Orang yang suka berkata jujur akan mendapatkan 3 hal, yaitu : KEPERCAYAN, CINTA dan RASA HORMAT. (Sayidina Ali bin Abi Thalib)
Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu akan menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) sedangkan harta terhukum. Kalau harta itu akan berkurang apabila dibelanjakan, tetapi ilmu akan bertambah apabila dibelanjakan.  (Sayidina Ali bin Abi Thalib)
"Kebaikan selalu mendatangkan ketenangan, sedangkan kejelekan selalu mendatangkan kegelisahan." (Aa Gym)
Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk.  (Imam An Nawawi) 
"Yang paling besar di bumi ini bukan gunung dan lautan, melainkan hawa nafsu yang jika gagal dikendalikan maka kita akan menjadi penghuni neraka." (Abu Hamid al Ghazali) 
“Kebajikan yang ringan adalah menunjukkan muka berseri-seri dan mengucapkan kata-kata lemah-lembut,” (Umar bin Al-Khathab) 
"Orang yang terlalu memikirkan akibat dari sesuatu keputusan atau tindakan, sampai kapan pun dia tidak akan menjadi orang yang berani," (Khalifah Ali bin Abi Thalib).
“Perbaikilah batin kalian, nescaya Allah akan memperbaiki lahiriah kalian. Perbanyakkanlah mengingat kematian dan bersiap-siaplah sebelum ia datang, kerana kedatangannya merupakan penghapus setiap kenikmatan.” ( Umar bin Abdul Aziz ) 
“Betapa banyak amalan yang kecil menjadi besar disebabkan niat, dan betapa banyak pula amal yang besar menjadi kecil hanya kerana niat.” ( Abdullah bin Mubarak (Ibnul Mubarak) ) 
“Wahai anak Adam, (masa) siangmu adalah tamumu, maka berbuat baiklah terhadapnya. Kerana sungguh, jika engkau berbuat baik kepadanya, nescaya dia akan pergi dengan memujimu. Dan, apabila engkau berbuat buruk terhadapnya maka dia akan pergi dengan mencercamu, begitu pula dengan malammu.” ( Hasan Al-Basri ) 
Seseorang yang melihat kebaikan dalam berbagai hal berarti memiliki pikiran yang baik. Dan seseoran yang memiliki pikiran yang baik mendapatkan kenikmatan dari hidup. (Bediuzzaman Said Nursi)
Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (takdir) dari Allah dengan senang hati.  (Ali bin Husein)
Pangkal dari semua kebaikan di dunia maupun di akhirat adalah taqwa kepada Allah.  (Abu Sualeman Addarani) 
“Jika ada orang berilmu tapi masih suka menjatuhkan orang lain didepan umum untuk mnnunjukkan dirinya lebih pintar. Dia bukanlah orang berilmu yang bijak,” (Ustad Jefri) 
Orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya. Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina. Orang yang mencintai akhirat, dunia pasti menyertainya.
Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga.

(Sayidina Umar bin Khattab) 
”Doa..Usaha..Istiqomah..Tawakkal adalah modal untuk sukses,” (Ustad Jefri)
Usahamu untuk mengetahui beberapa kekurangan yang ada pada dirimu, lebih baik ketimbang usahamu untuk menyingkap perkara gaib yang tersembunyi darimu. (Ibnu Athaillah)
Salah satu bentuk kesempurnaan nikmat Allah bagi para hamba yang beriman adalah Dia turunkan kesulitan dan bahaya terhadap mereka, serta hal-hal yang mendorong mereka meng-esakan-Nya. (Ibnu Taimiyah) 
Antara tanda-tanda orang yang bijaksana itu ialah :
1. Hatinya selalu berniat suci. Lidahnya selalu basah dengan zikrullah.
2. Kedua matanya menangis kerana penyesalan (terhadap dosa).
3. Segala perkara dihadapinya dengan sabar dan tabah.
4. Mengutamakan kehidupan akhirat daripada kehidupan dunia.

(Sayidina Utshman bin Affan)
Cintailah kekasihmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi musuhmu. Dan bencilah musuhmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi kekasihmu.

(Ali bin Abi Thalib) 
Renungkanlah diri anda, masa lalu, masa kini, dan masa depan anda. Karena pengetahuan yang paling berharga adalah pengetahuan tentang dirinya. Siapa yang berhasil mengenal sifat dirinya, maka dia berpotensi mengenal sifat Tuhannya. (M. Quraish Shihab) 
"Janganlah engkau mengucapkan perkataan yang engkau sendiri tak suka mendengarnya jika orang lain mengucapkannya kepadamu." (Ali bin Abi Thalib)
Apabila melaksanakan perintah Allah SWT, maka tanggalkanlah pandangan manusia yang tertuju kepadamu, dan tinggalkanlah kepentingan pribadimu,semua hendaknya engkau tujukan semata-mata kepada Allah saja.  (Abdul Qadir Jailani)
Tidak ada kebaikan bagi pembicaraan kecuali dengan amalan. Tidak ada kebaikan bagi harta kecuali dengan kedermawanan. Tidak ada kebaikan bagi sahabat kecuali dengan kesetiaan. Tidak ada kebaikan bagi shadaqah kecuali niat yang ikhlas. Tidak ada kebaikan bagi kehidupan kecuali kesehatan dan keamanan.  (Al-Ahnaf bin Qais)
Seseorang tidak bisa dipegang amanahnya sehingga lurus lisannya, dan dia tidak lurus lisannya sehingga lurus hatinya.(al Hasan al Bashri/Al Adab asy Syar’iyyah, Ibnu Muflih) 
Keluarlah dari dirimu dan serahkanlah semuanya pada Allah, lalu penuhi hatimu dengan Allah. Patuhilah kepada perintahNya, dan larikanlah dirimu dari laranganNya, supaya nafsu badaniahmu tidak memasuki hatimu, setelah itu keluar, untuk membuang  nafsu-nafsu badaniah dari hatimu, kamu harus berjuang dan jangan menyerah kepadanya dalam keadaan bgaimanapun juga dan dalam tempo kapanpun juga.

(Syekh Abdul Qodir al-Jaelani) 
"Angin tidak berhembus untuk menggoyangkan pepohonan, melainkan menguji kekuatan akarnya." (Ali bin Abi Thalib) 
“Ilmu menginginkan untuk diamalkan. Apabila orang mengamalkannya, maka ilmu itu tetap ada. Namun sebaliknya, jika tidak diamalkan, maka ilmu akan hilang dengan sendirinya,” (Sufyan ats-Tsauri).
Belajarlah Alquran, niscaya kamu tertuntun ke jalan yang benar, dan berbuatlah kebajikan sesuai dengan Alquran, niscaya kamu menjadi ahlinya. (Umar bin Khattab) 
Hiduplah sebagaimana semaumu, tetapi ingat, bahwa engkau akan mati. Dan cintailah siapa yang engkau sukai, namun ingat, engkau akan berpisah dengannya. Dan berbuatlah seperti yang engkau kehendaki, namun ingat, engkau pasti akan menerima balasannya nanti. (Imam Ghazali) 
Tanda cinta kepada Allah adalah banyak mengingat (menyebut)-Nya, karena tidaklah engkau menyukai sesuatu kecuali engkau akan banyak mengingatnya. 

(Ar Rabi’ bin Anas/ Jami’ al ulum wal Hikam, Ibnu Rajab) 
Kebaikan itu bukan dengan banyak harta dan anak, tetapi dengan banyak ilmu, sikap santun, tidak membanggakan ibadah kepada orang, apabila berbuat kebaikan memuji Allah dan apabila berbuat keburukan memohon ampunan kepada Allah. (Ali bin Abi Thalib)
Amal saleh dan ibadah yang dikerjakan manusia ibarat padang pasir, kebun indah yang tumbuh pepohonan rindang, tetapi tiba-tiba pepohonan itu tumbang akibat riya yang muncul dalam diri. (Jalaluddin Rumi) 
 Aku tertawa (heran) kepada orang yang mengejar-ngejar dunia padahal kematian terus mengincarnya, dan kepada orang yang melalaikan kematian padahal maut tak pernah lalai terhadapnya, dan kepada orang yang tertawa lebar sepenuh mulutnya padahal tidak tahu apakah Tuhannya ridha atau murka terhadapnya.

(Salman al Farisi/Az Zuhd, Imam Ahmad)

Demikianlah sedikit kata - kata  mutiara atau kata kata bijak dari tokoh islam. Dan, sebenarnya masih banyak lagi  kata kata mutiara emas yang ditinggalkan oleh mereka yang terdahulu buat kita yang hidup di masa mendatang kemudian. Ini tidak lain adalah sebagai satu panduan, nasihat maupun didikan untuk kita membentuk diri, keluarga dan sekitar kita ke jalan yang diridhai oleh Allah SWT. Semoga  bermanfaat bagi kita semua dalam menjalani kehidupan kita saat ini. Wallahua’lam.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kata Kata Bijak Tokoh Islam"

  1. kata kata bijak dan memotivasi tahun 2019, yang keren juga untuk status wa, fb dan ig tinggal copy paste doang

    ReplyDelete