Proses Pencarian ?


Proses Pencarian ?


Ada kala dimana kita mencari, mencari sesuatu yang ingin kita ketahui.
Terkadang pencarian tidak selalu berujung manis, namun pasti ada pelajaran dibalik sebuah proses pencarian tersebut. Pelajaran hidup yang membuat kita sadar bahwa apa yang sebenarnya kita cari selama ini ada dan dekat dengan diri kita, namun mungkin kita yang tidak peka dan cenderung mengabaikan.

Seperti sebuah hidayah, hidayah itu datang karena kita mencari. Dan saat diberikan hidayah oleh Allah segeralah untuk menggapainya. 

Untuk mendapatkan hidayah dan ilmu mustilah kita mengkosongkan gelas. Artinya kita harus tetap merasa haus, merasa kurang terhadap ilmu sehingga apa yang kita dapatkan bisa kita tampung bukannya malah keluar dan berantakan.

Dalam setiap proses pencarian hidayah, pastilah banyak tantangan yang dihadapi. Maka dari itu pentingnya untuk terus Istiqomah dalam menjalankan kebaikan dan kewajiban.
Apalagi yang sedang berhijrah dijalan Allah, karena ketika kita berhijrah Allah pasti akan beri kita ujian dan cobaan. Untuk menguji keimanan yang kita miliki. 
Dalam sebuah hadis qudsi Allah Ta’ala berfirman :


يَا عِبَادِى كُلُّكُمْ ضَالٌّ إِلاَّ مَنْ هَدَيْتُهُ فَاسْتَهْدُونِى أَهْدِكُمْ 

“Wahai sekalian hamba-Ku, kalian semua berada dalam kesesatan kecuali yang Kuberi petunjuk, maka mintalah petunjuk kepada-Ku, niscaya akan Kuberi petunjuk.” (HR. Muslim no. 6737)

Dan sesungguhnya petunjuk yang sebenar-benarnya adalah petunjuk yang telah Allah berikan kepada hambanya. Allah menghendaki sesiappun untuk diberi-Nya hidayah maka jangan berhenti untuk berdoa agar Allah memberikan hidayah kepada kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Proses Pencarian ?"

Post a Comment