Quote Islam : Muslim Keren Sholatnya On Time

Quote Islam : Muslim Keren Sholatnya On Time

Ibadah ini adalah amalan yang paling tidak asing bukan untuk diamalkan? Setiap muslim yang sudah baligh dan berakal tentu diwajibkan untuk sholat (fardhu), karena sholat memiliki keutamaan yang mulia dalam islam. Dengan keutamaan yang mulia, sholat ini tidak boleh dilakukan disembarang waktu.

Yang wajib bagi setiap umat muslim adalah mengerjakan shalat tepat pada waktunya. Sedangkan mengerjakan shalat di awal waktu menunjukkan afdholiyah atau keutamaan.

.
Allah Ta’ala berfirman,
.
إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَّوْقُوتًا
.
“Sesungguhnya shalat memiliki waktu yang telah ditetapkan bagi orang beriman.” (QS. An Nisaa’: 103)
.
Ibnu Jarir dalam kitab tafsirnya berkata, dari Al Auza’i, dari Musa bin Sulaiman, dari Al Qosim bin Mukhoymiroh mengenai firman Allah Ta’ala,
.
فَخَلَفَ مِن بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ
.
 “Dan datanglah orang-orang setelah mereka yang menyia-nyiakan shalat.” (QS. Maryam: 59), Al Qosim berkata bahwa yang dimaksud ayat ini, “Mereka yang menyia-nyiakan waktu shalat. Sedangkan jika sampai meninggalkan shalat, maka kafir.”
.
Para ulama sepakat bahwa yang paling afdhol adalah mengerjakan shalat di awal waktunya. Namun dikecualikan dua shalat:
.
1- Shalat Isya’ -menurut jumhur atau mayoritas ulama- disyariatkan diakhirkan. Ini ditujukan bagi orang yang shalat sendirian atau mereka yang berjamaah namun atas kesepakatan mereka, yaitu diakhirkan hingga akhir 1/3 malam pertama atau sebelum pertengahan malam.
.
2- Shalat Zhuhur ketika cuaca begitu panas, disunnahkan untuk diakhirkan hingga cuaca tudak terlalu panas, yang penting sebelum masuk waktu Ashar.
.
Dan ada hadits pula yang menyatakan bahwa shalat di awal waktu itulah yang paling afdhol,
.
عَنْ أُمِّ فَرْوَةَ قَالَتْ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَىُّ الأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ « الصَّلاَةُ فِى أَوَّلِ وَقْتِهَا »
.
Dari Ummu Farwah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhol. Beliau pun menjawab, “Shalat di awal waktunya.” (HR. Abu Daud no. 426. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)
.
Semoga Allah memberi taufik untuk rutin menjaga shalat 5 waktu kita. Karena Shalat adalah tiang agama, Jadi wajib bagi kita sebagi umat muslim untuk selalu menjaga dan mengerjakan shalat 5 waktu. Alangkah tentramnya hati jika kita selalu mengerjakan shalat wajib 5 waktu secara berjamaah di masjid.
.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Quote Islam : Muslim Keren Sholatnya On Time"

Post a Comment