Tips Berbukalah dengan Kurma Karena banyak manfaat nya

Tips Berbukalah dengan Kurma Karena banyak manfaat nya


Bismillah selamat malam sahabat penikmatrindu23 kali ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang berbuka dengan buah kurma. Alhamdulillah kita memasuki bulan suci ramadhan 1440 H. Bulan suci ramadhan ini adalah bulan yang paling agung diantara bulan - bulan yang lain di mana amal ibadah kita pahalanya dilipatgandakan dan dosa - dosa kita diampuni oleh Allah SWT. 
berbicara tentang ramadhan pastinya banyak cerita ketika puasa pertama dibulan ini, awal mulai lagi perut dikosongin full 12 jam penuh, pasti agak agak lemes nihh hehe.

.
Hayo siapa di sini yang kalo dah masuk waktu berbuka puasa semua makanan, minuman, cemilan dilahap ? Ngaku aja deh hehe.
Sebenrnya itu kurang baik dan memang tidak diajarkan oleh nabi kita Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam, lho!.
.
Nabi kita menganjurkan untuk mengawali berbuka dengan makanan yang manis manis dulu. 
Kenapa ? Karena untuk mengembalikan energi dan gula darah yang seharian telah terkuras.
Lalu kenapa kurma yang dipilih ? Karena kurma mengandung gula kompleks yang dapat langsung diserap oleh tubuh tanpa harus dicerna terlebih dahulu dalam waktu yang lama. Maa syaa Allah.
Keren kan ? Iya dong!
Terus itu emang ada dalilnya ? Tenang, ada kok hehe
.
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob (kurma basah), maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad 3: 164. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).
.
Nah mulai sekarang yuk kita coba untuk kurangi makan gorengan dan es es an pas awal buka puasa yaa. Sepakat ? Skuy! Bismillah



Tips Makan Kurma di Bulan Puasa Itu Bagaimana Sih?


Kurma menjadi makanan paling spesial ketika berbuka maupun sahur.
.
Banyak orang tak bisa melupakan buah kurma ketika bulan puasa karena buah kurma dianggap sebagai buah yang menyehatkan dan mampu mengembalikan asupan nutrisi yang hilang setelah seharian berpuasa

tips makan buah kurma di bulan ramadhan yaitu :
1) 3 kurma selepas adzan magrib
2) 3 kurma setelah adzan magrib
3) 3 kurma setelah Sahalat terawih
4) 5 kurma ketika sahur 
.
Kurma sangat baik ketika dimakan saat Sahur maupun Berbuka Puasa, Manfaatnya Mulai dari Meningkatkan Kesehatan pencernaan hingga meningkatkan kesehatan otak. Sebuah penelitian laboratorium menemukan bahwa kurma bermanfaat untuk menurunkan tanda inflamasi di otak, seperti interleukin 6 (IL-6). Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif semacam Alzheimer.


Demikianlah Tips Berbukalah dengan Kurma Karena banyak manfaat nya. Alangkah baiknya kita sebagai umat muslim mengikuti sunah yang di ajarkan nabi kita muhammad SAW, bahwa ketika berbuka puasa kita dianjurkan memakan buah kurma, karena banyak manfaat dan khasiat nya buah kurma. Semoga dalam bulan suci ramadhan ini kita senantiasa selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, dan mari di bulan suci ini kita berlomba - lomba dalam kebaikan dan meningkatkan ibadah kita karena bayak sekali pahala di bulan suci ramadhan ini. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Berbukalah dengan Kurma Karena banyak manfaat nya"

Post a Comment