Quote Islam : Waktu yang tepat untuk berdoa


Doa adalah senjata orang bagi seorang mukmin. Doa adalah kebutuhan kita yang hakikatnya merupakan hamba yang selalu bergantung pada Allah. Namun, masih ada sebagian dari kita masih banyak yang masih malas berdoa ataupun ragu dan tidak yakin pada doanya sendiri. Maka sudah sepatutnya kita sebagai seorang mukmin untuk selalu meminta hanya kepada Allah SWT. 


Berikut 6 waktu mustajab nya ketika kita berdoa :

1. Sepertiga Malam Terakhir atau Waktu Sahur (HR. Bukhari no. 1145). Ibnu Hajar rahimahullah berkata, "Doa dan istighfar diwaktu sahur mudah dikabulkan." (Fathul Bari, 3:33)
.
2. Waktu Pada Hari Jumat. Ada 40 perbedaan pendapat terkait kapan waktunya, namun yang paling mendekati dalil ada 2 : (1) Antara duduk imam di mimbar ketika khutbah hingga imam menunaikan sholat jumat (HR. Muslim no. 853) (2) Ba'da Ashar sampai tenggelamnya matahari (HR. Abu Daud no. 1048, dishahihkan oleh Al Hafizh Abu Thahir)
.
3. Bulan Ramadhan yang Penuh Berkah (HR. Al Bazaar, Al Haitsami dalam Majma' Az Zawaid 10:14 mengatakan bahwa perawinya terpercaya). Orang yang berpuasa doanya juga mustajab (HR. Ahmad 2:305, dishahihkan oleh Syaikh Syu'aib Al Arnauth)
.
4. Pada Hari Arafah (9 Dzulhijjah). "Sebaik-baik doa adalah doa pada hari arafah" (HR. Tirmidzi no. 3585, dihasankan Al Albani). Doa mustajab ini berlaku umum baik yang sedang berhaji maupun tidak. Demikian kata Syaikh Shalih Al Munajjid dalam fatawanya no. 70282
.
5. Antara Adzan dan Iqamah (HR. Ahmad 3:155, dishahihkan syaikh Syu'aib Al Arnauth). Sudah sepatutnya kita sebagai seorang muslim untuk selalu menyibukkan dengan banyak berdoa dikala itu bukan sibuk dengan tilawah. Tilawah Qur'an memang bagus, tapi doa yang dituntunkan diwaktu tertentu lebih utama daripada di tempat lain. Namun jika bisa menggabung antara doa dan tilawah maka itu bagus
.
6. Doa Selesai Shalat 5 Waktu. Dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu'anhuma ia berkata "Jika engkau telah selesai (dari shalat/ibadah) maka berdoalah." (Tafsir Al Qur'an Al 'Azhim, 7:599). Ini jadi dalil sebagian ulama' dibolehkannya doa ba'da shalat fardhu
.
Doa yang paling mustajab juga ketika kita sedang bersujud, sujud manapun tidak harus sujud terakhir dan didalam sholat. Karena sholat adalah masa dimana kita sedang berdialog dengan Allah.

Begitu Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Maka dari itu hendaknya kita untuk selalu senantiasa berdoa kepada-Nya dengan keyakinan, khusyuk, dan juga merendahkan diri. Allah Maha Kuasa, maka Allah bisa mengabulkan apa saja semua permintaan hambaNya selama di dalamnya tidak mengandung unsur dosa dan pemutus tali silaturahim. Maka yakinlah kepada Allah SWT akan mengabulkan doa kita dan janganlah pernah sedikitpun ada keraguan pada kuasa Allah.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Quote Islam : Waktu yang tepat untuk berdoa"

Post a Comment