Hidup bagaikan sebuah kepingan puzzle

Hidup bagaikan sebuah kepingan puzzle.


Kita tak akan pernah tau betapa indahnya gambar yang terdapat dalam susunan puzzle itu sebelum kita menyelesaikan menyusun potongan demi potongan puzzle itu, agar menjadi sebuah gambar yang utuh.

kita tidak akan pernah bisa melihat gambar puzzle secara utuh, jika kalau kita hanya memandangi dan memikirkan bagaimana menyusunnya puzzle tersebut tanpa kita mencoba untuk merangkai kepingan - kepingan puzzle tersebut. 

Menyusun puzzle untuk pertama kali memanglah tidak mudah, kita harus berfikir, mencari, mencermati dengan teliti untuk menggabungkan potongan demi potongan puzzle tersebut. Sehingga tidak jarang kita salah dalam menyusun potongan puzzle itu. Bahkan terkadang kita pusing menyusunnya dan meminta bantuan orang lain dalam menyusun kepingaan puzzle tersebut.

Namun semakin sulit, kita semakin tertantang untuk bisa menyelesaikannya bukan??

Seperti yang kita tahu, permainan puzzle tiap orang hampir pernah memainkannya. Permainan itu tersusun atas kepingan-kepingan kecil. Kepingan-kepingan itu memiliki gambar dan bentuk yang berbeda atau dengan kata lain menyimpan makna yang berbeda - beda. Apabila kepingan-kepingan itu disusun satu persatu secara berurutan, maka akan terbentuklah sebuah gambar penuh akan sebuah makna didalamya. Namun, jika ada satu saja bagian yang hilang dari kepingan puzzle itu, maka gambar puzzle itu tak sempurna sehingga maknanya pun tak kan sempurna.

Terus apa kaitannya puzzle dengan kehidupan?

Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi kedepan dalam kehidupan kita. Yang bisa kita lakukan adalah melakukan hal-hal positif untuk mengisi hidup kita. Hidup itu memanglah mirip dengan puzzle, tersusun atas kepingan-kepingan peristiwa, yang tiap peristiwa itu membawa pesan yang berbeda dari-Nya. Ada keping suka, duka, senang, sedih, cinta, keluarga, persahabatan, ketaatan, ketakutan, keberanian, perjuangan, pengorbanan, persaudaraan, kesabaran, kasih sayang, benci, rindu dan masih banyak yang lainnya. Masing-masing keping itu akan memiliki makna yang sempurna, jika kita menghadapinya dengan penuh keikhlasan dan hanya berharap mendapat ridho dari Allah SWT. 

Terkadang kita sering melakukan sebuah kesalahan dalam hidup kita, no problem. Karena kita masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki potongan kisah hidup kita itu dengan sesuatu yang baik. Menyusunnya satu demi satu dengan penuh kesabaran, agar pesan yang Allah beri lewat keping-keping itu bisa tersamapikan.

Jadi, sudah saatnya kembali menata kepingan-kepingan puzzle yang telah lama terserak. Dan menyusunnya kembali agar hidup kita bisa lebih baik dari sekarang. Teruslah semangat menyusun kepingan - kepingan puzzle tersebut agar kita bisa menemukan arti makna hidup kita. Puzzle yang paling mahal dan tak ternilai adalah puzzle kehidupan karena setiap manusia diibaratkan sebuah kepingan puzzle dan setiap kepingan itu mempunyai hubungan yang tak terpisahkan satu dengan yang lainnya dan sehebat apapun manusia, tetap saja dia adalah satu keping puzzle yang tak berarti bila tanpa kepingan yang lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hidup bagaikan sebuah kepingan puzzle"

Post a Comment