Quote Islam : Amalku Belum tentu Diterima


Setiap harinya kita sebagai umat Islam tak luput dari berbuat dosa, khususnya dosa-dosa kecil yang sering kali tidak disadari.

Saat bergaul dan berinteraksi dengan banyak orang, tanpa disadari kata-kata mengalir dari mulut kita seolah keluar tanpa beban. mengalir pula dosa, mulai dari menggunjingkan tetangga, membanggakan dan memamerkan diri (riya),
.
berbohong, dan perbuatan tidak terpuji lainnya.  Semudah itu manusia melakukan dosa. Sekali, dua kali, sampai tak ingat lagi sudah beratus atau beribu kali kita melakukan kesalahan yang sama.  Awalnya, hati memberontak dan nurani menolak. Namun, lambat laun seolah sudah biasa dan dilakukan tanpa beban. Terlebih, dosa yang kasat mata, misalnya meninggalkan shalat, tidak melaksanakan shaum Ramadhan dll.
.
Akan tetapi, apakah kita menyadari kalau dosa bukan hanya berkutat dalam hal itu? 
Ada banyak dosa yang sungguh halus dan tanpa disadari telah kita lakukan.  rasanya tak mungkin ada manusia yang tak pernah melakukan kesalahan dan dosa.  Hal itu wajar saja karena Allah subhanahu wa ta'ala memberikan manusia hawa nafsu, hanya saja manusia tersebut bisa mengendalikan hawa nafsunya atau tidak ?

Namun keluhan yang sering kita dengar adalah:
‘saya sudah berkali-kali bertaubat tapi tetap saja masih terjerumus kedalam dosa itu lagi, bagaimana cara agar dosa itu tak terulang lagi?’
.
- Segera meninggalkan dosa yang sedang dilakukan
.
- Menyesali perbuatan dosa tersebut
.
- Bertekad kuat untuk tidak mengulangi lagi perbuatan dosa tersebut
.
- Jika dosa tersebut berkaitan dengan hak orang lain maka ia harus mengembalikan hak-hak mereka yang telah ia ambil.

Allah berfirman:

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

. “Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. dan Sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Ankabut: 69)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Quote Islam : Amalku Belum tentu Diterima"

Post a Comment