Pentingnya Seorang Muslim Menjaga Kesehatan




Bismillahhirrahmanirrahim:
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Agama kita yaitu Islam sungguh luar biasa dalam memberikan perhatian terhadap persoalan kesehatan. Karena kesehatan merupakan salah satu unsur penunjang utama dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT dan bekerja serta aktivitas lainnya. 

Dalam Agama Islam, agar seseorang meraih hidup sehat, maka sepanjang hidupnya selalu diatur dan diberikan bimbingan, mulai dari ketika ia bangun tidur, bekerja, istirahat, makan dan minum, merawat kebersihannya, hingga tidur kembali. Ketika kita bangun tidur misalnya, umat Islam tidak boleh terlambat. Di waktu pagi, umat Islam harus bangun dari tidur tepat waktu, dan segera mengambil air wudlu, kemudian datang ke masjid memenuhi panggilan adzan untuk melaksanakan shalat Shubuh bersama-sama para tetangga yang berdekatan dengan tempat ibadah itu.

Kegaiatan pagi setelah bangun tidur seperti yang dijelaskan tersebut tidak saja dijalankan secara musiman, atau hanya sewaktu-waktu, melainkan dilakukan secara istiqomah sepanjang hidupnya. dan dilakukan setiap hari. untuk menjaga kesehatan kita. Karena jika kita sehat kita mampu untuk melaksanakan ibadah kepada ALlah SWT. 

Didalam tubuh yang SEHAT terdapat jiwa yang KUAT. Rasulullah SAW pernah menyampaikan "tubuhmu mempunyai hak atas dirimu." (HR. Muslim: 1973)
.
Islam mendidik umat manusia dengan tiga hal yang berhubungan dengan dimensi jasmaniah, yaitu:
.
Pertama, kesehatan dan kebebasan dari serangan penyakit. Kita diharuskan bertubuh sehat, sesuai dengan sabda Nadi SAW "Barangsiapa di antara kalian di pagi hari aman di tengah-tengah keluarganya, sehat jasmaninya, memiliki kebutuhan pokok untuk sehari-hari, maka seakan akan dunia telah dikumpulkan untuknya." (HR. Tirmidzi: 2268)
.
Kesehatan tubuh kita adalah faktor utama untuk menopang kehidupan yang aman dan tenang. Dan Rasulullah selalu meminta hal ini pada Allah Swt. Karena itu beliau berdoa "Allahummaghfirli Waahdinii Warzuqnii (ya Allah ampunilah aku, berikan aku petunjuk, karuniakan rizqi dan kesehatan padaku)" (HR. Nasai, 5440)
.
Kedua, ketangkasan dan kemampuan bergerak cepat (dinamis). Hendaknya kita meiliki tubuh yang tangkas, mempu menjalankan semua kewajiban, baik yang dibebankan agama maupun untuk kepentingan dunia. Allah berfirman, "Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi." (QS. Al-Anfal [8]:60).
.
Ketiga, ketegaran. Kita harus mendidik kaum muda supaya tegar. Karena hidup adalah cobaan dan setiap muslim harus selalu tegar dalam menghadapi dan mencari solusi disetiap permasalahan.
.
Niatkan berolahraga setiap hari serta menjaga pola makanan yang ada agar kesehatan kita tetap terjaga sehingga ketika kita sehat maka makin mudah melaksanakan ibadah dalam mendekatkan diri kepada Allah.
.
Mari kita sebagai seorang muslim untuk selalu menjaga kesehatan kita. dengan cara pola hidup yang sehat sperti berolahraga, menjaga pola makanan dan jangan lupa untuk istirahat. 
.
Terimakasih sudah membaca. Mari kita sama - sama sebagai seorang muslim untuk selalu senantiasa menjaga kesehatan kita. dengan begitu kita bisa melaksanakan ibadah kita kepada Allah SWT. dan bisa melaksanakan aktivitas kita sehari - hari dengan baik. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Seorang Muslim Menjaga Kesehatan"

Post a Comment