Quote Islam : Yang jauh itu hatinya



Meskipun ada masjid didekat rumahmu saja engkau mengatakan masjidnya jauh. Padahal yang jauh itu hatinya, bukan masjidnya
.
Dan kaupun menjadikan alasan "jauh" itu untuk malas ke masjid. Padahal langkah kaki kita akan dihitung jika kita ke Masjid
.
Pergi ke masjid itu adalah kewajiban kita sebagai umat muslim untuk shalat berjamaah di masjid. khususnya bagi seorang laki - laki. terkadang sebagian orang enggan untuk pergi ke masid dengan berbagi alasan. misalnya saja " masjidnya jauh", "malas mau jalan" malas pergi kemasjid" dan lain - lain alasan untuk tidak pergi ke masjid. ada juga yang berkata " gak apa - apa gak pergi ke masjid yang penting saya shalat.
.
Padahal jika kita jalan kaki ke masjid setiap langkah kaki ke masjid akan dihitung dedekah
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَكُلُّ خَطْوَةٍ تَمْشِيهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ

“Setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah.” (HR. Muslim, no. 1009)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin dalam Syarh Al-Arba’in An-Nawawiyah mengatakan, “Setiap langkah kaki menuju shalat adalah sedekah baik jarak yang jauh maupun dekat”.

.

dan setiap langkah kaki ke tempat shalat dicatat sebagai kebaikan.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا إِلَى الصَّلاَةِ يُكْتَبُ لَهُ بِهَا حَسَنَةٌ وَيُمْحَى عَنْهُ بِهَا سَيِّئَةٌ

“Setiap langkah menuju tempat shalat akan dicatat sebagai kebaikan dan akan menghapus kejelekan.” (HR. Ahmad, 2:283. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih.)

Nah, jika kita pergi kemasjid setiap langkah kaki kita dihitung kebaikan oleh Allah SWT. dan kalau kita shalat di masjid pahala nya yaitu 27 derajat dibandingkan jika kita shalat sendirian dirumah pahala nya cuma satu derajat.

Dalam beberapa hadits dijelaskan:

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

“Shalat berjamaah melampaui shalat sendirian dengan (mendapatkan) 27 derajat.” (HR. Bukhari)
.
Yuk dari sekarang, jangan  malas ya buat melangkahkan kaki kita ke masjid, sebenarnya masjid nya tidak jauh tetapi hati kita belum tetaut untuk masjid. cobalah perlahan - lahan untuk shalat berjamaah ke masjid, jika kita sering lakukan shalat berjamaah ke masjid, pastinya nanti hati kita akan tertaut ke masjid. Dan jika hati kita sudah tertaut ke masjid pastinya jika kita tidak shalat di masjid rasanya gimana gitu di dalam hati kita.
.
Mari mulai sekarang untuk memakmurkan masjid - masjid. karena masjid adalah jantung peradaban Islam. Dari masjid untuk kejayaan islam, dengan kejayaan Islam. Insya Allah, kita akan membawa Indonesia menjadi lebih baik.
.
Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Quote Islam : Yang jauh itu hatinya"

Post a Comment