Peran Website dalam bisnis Online


Perkembangan teknologi internet di era digital saat ini sudah sangat pesat. Pertumbuhan pengguna internet di indonesia semakin berkembang pesat. Di tahun 2020 prediksi pengguna internet mencapai 160juta. Ini bisa menjadi peluang bagi anda dalam memulai sebuah bisnis online. Berbekal smartphone dan internet, tentu akan mempermudah kamu dalam melakukan berbagai hal. Termasuk juga untuk melakukan bisnis online Dimana anda bisa memasarkan dan menjual berbagai barang  kamu hanya melalui internet. Saat ini, hampir segala jenis bisnis, baik besar ataupun kecil, memiliki website. Terlepas, apakah mereka menjalankan aktivitas bisnisnya secara offline, online, ataupun keduanya. Hal ini karena kehadiran website berdampak positif pada bisnis yang mereka jalankan.

Dalam menjalankan sebuah bisnis online pelaku usaha atau seorang pengusaha haruslah memiliki sebuah website. karena website menjadi salah satu hal yang penting dalam sebuah bisnis online. Sebab, sebuah website bisa merepresentasikan perusahaan dan memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat luas terutama calon pelanggan. Anda bisa menggunakan website sebagai salah satu fasilitas untuk Go Digital dan menjangkau market yang lebih luas untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan lebih banyak dengan menggunakan website.

Melihat bisnis online yang cerah di era digital saat ini, pelaku bisnis online haruslah mempunyai sebuah webiste dalam memasarkan produk-produknya. Tentu hal ini akan berdampak dalam hal pendapatan yang akan lebih besar ketika pelaku bisinis online atau pengusaha memiliki sebuah webiste.

Mengapa website sangat berperan dalam bisnis online saat ini?

Jawabannya adalah karena kita harus memastikan bahwa pelanggan ataupun customer mendapatkan informasi yang mereka butuhkan mengenai produk yang anda jual. Berikut ini beberapa Peran sebuah website dalam bisnis online.

1. Menjangkau lebih banyak pelanggan 

Dengan adanya website kita bisa memperluas banyak jangkauan segmentasi pasar. Bahkan sebuah website, bisa menjangkau pelangggan tidak hanya di dalam negeri saja tetapi kita bisa menjangkau sampai luar negeri. Karena dengan adanya sebuah website pelanggan atau customer bisa melihat secara detail produk yang kita miliki. Sehingga omset penjualan anda akan meningkat.

2. Lebih Kredibilitas dan bisa menjadi Trend Setter

Pernahkah anda pernah melihat sebuah email dengan menggunakan nama mereka sendiri misalnya seperti ini  (namaemail@namawebsite(dot)id) (menggunakan domain Website mereka sendiri). Nah fasilitas ini bisa anda dapatkan dengan mempunyai domain untuk bisnis anda sendiri, sehingga bisnis anda akan Lebih Kredibilitas di pandang oleh customer, mendapatkan kepercayaan lebih sehingga mereka yakin untuk membeli produk dari bisnis online Anda. Jika Website Anda  unik dan menarik, yang berbeda dari produk-produk yang sudah ada sebelumnya, website Anda  otomatis menjadi trend setter di kalangan pebisnis online.

3. Mudah di Akses oleh pelanggan Kapanpun

Umumnya customer atau pelanggan lebih tertarik untuk melihat dan mencari sendiri produk yang mereka butuhkan langsung dari website. Dengan adanya website pelanggan dapat mengakses situs website anda selama 24 Jam non stop bahkan bisa di akses selama 365 hari atau satu tahun.  Meskipun terkadang toko online anda sedang tutup atau offline tetapi pelanggan dengan nyaman bisa mengakses website anda untuk melihat informasi produk - produk yang sedang mereka cari di toko online anda.

4. Meningkatkan Omset Penjualan

Tentunya dengan mempunyai sebuah website, omset anda akan meningkat. karena website membantu mengarahkan para pengunjung menjadi pelanggan potensial. Kemudian Anda juga bisa mendorong lebih banyak orang untuk masuk ke dalam website yang Anda miliki dengan cara terus konsisten memperbarui dan mempromosikan isi website Anda melalui sebuah link yang bisa anda share dimanapun. Semakin unik dan informatif website Anda, semakin besar kemungkinan meningkatkan omset penjualan Anda.

5. Selalu Terhubung dengan pelanggan

Website memungkinkan  customer atau pelanggan dapat terhubung dan berkomukiasi dengan anda. Ini bisa menjadi poin penting bagi bisnis anda. Disini anda bisa meyakinkan pelanggan bahwa produk atau jasa yang kita jual adalah produk yang baik dan tentunya berkualitas, sehingga pelanggan bisa yakin dengan produk yang anda jual. Selain itu Website juga memudahklan pelaku usaha online dalam berinteraksi dengan pelanggan menggunakan menu live chatting yang bisa kita pasang pada halaman website ataupun juga bisa berinteraksi melalui via email langsung dari website. Dengan begitu pelangan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dan pelanggan pun akan puas terhadap layanan yang Anda berikan.

Kemudian selain peran website yang sudah saya jelaskan di atas tampilan website pun akan menjadi  poin pertimbangan para pelanggan. Dengan tampilan website yang terkesan profesional dan menarik akan menjadi nilai tambahan bagi bisnis online Anda, sehingga pelanggan menjadi semakin percaya dengan perusahaan tersebut.

Selanjutnya jika Anda sudah mempunyai toko offline maka sekarang saat nya Anda mulai membangun bisnis online. Maka Anda harus membuat website dari sekarang agar omset anda meningkat. Langkah Awal membuat website adalah Anda harus Membeli Domain, sebagai identitas dari toko online Anda dan  untuk memudahkan pelanggan dalam mengingat website Anda.

Selain Membeli sebuah Domain, Anda harus membeli layanan Hosting Indonesia, agar website yang Anda miliki mudah di akses oleh pelanggan Anda. Kegunaan Hosting Indonesia adalah  sebagai sarana penyimpanan data dari website Anda berupa dokumen, gambar, video, email, aplikasi, dan lain sebagainya.

Jika anda membutuhkan Domain Murah dan Hosting Murah Anda dapat membeli di qwords.com adalah layanan  Cloud Web Hosting Indonesia dengan pelayanan terbaik dan harganya murah dengan diskon nama domain.

Jadi tunggu apalagi, segera buatlah Website anda agar Bisnis anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dan Pelanggan Anda akan puas.

#OnlineinAja
#LombaBlogQwords.

referensi :
https://www.finansialku.com/ada-10-manfaat-membuat-website-untuk-kemajuan-bisnis-anda/
https://www.indonesiana.id/read/122499/fungsi-nyata-website-dalam-bisnis-online-maupun-offline

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Website dalam bisnis Online"

Post a Comment