Quote Islam : Karena waktu berjalan semakin cepat




Waktu merupakan sesuatu yang paling sulit untuk kita pahami. waktu terus berputar maju mengikuti arah tujuan dan tidak sesekali berhenti, apalagi berjalan mundur kebelakang. Waktu kadang seperti memiliki dua sisi mata pisau yang sangat berlainan arah, disatu sisi bisa berdampak baik, dan disatu sisi lainnya bisa berdampak buruk. Ada juga yang bertanya, seberapa pentingnya untuk menjaga waktu yang kita miliki.

Apakah sahabat menyadarinya?

Jika kini waktu terasa semakin cepat?
Rasanya baru kemarin hari Jumat, kini sudah hari Jumat lagi.

Kenapa demikian?
Karena waktu berjalan semakin cepat pertanda kiamat semakin dekat. “Tidak akan tiba hari Kiamat hingga zaman berdekatan, setahun bagaikan sebulan, sebulan bagaikan sepekan, sepekan bagaikan sehari, sehari bagaikan sejam dan sejam bagaikan terbakarnya pelepah pohon kurma.” (HR. at-Tirmidzi)

Salah satu makna dari hadist tersebut adalah singkatnya waktu, cepat secara hakiki, hal itu terjadi di akhir zaman.

Ibnu Abi Jamrah rahimahullah berkata, “Kemungkinan yang dimaksud dengan dekatnya zaman adalah singkatnya (waktu) sesuai dengan yang diungkap dalam sebuah hadits:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَكُونَ السَّنَةُ كَالشَّهْرِ. 

“Tidak akan tiba hari Kiamat hingga satu tahun bagaikan satu bulan.” Oleh karenanya, maka singkatnya waktu bisa berupa sesuatu yang dapat dirasakan oleh indra atau sesuatu yang maknawi.

Adapun yang bisa dirasakan indra sama sekali belum nampak, mungkin hal itu terjadi sebagai tanda dekatnya Kiamat.

Adapun yang maknawi, hal itu sering terjadi. Hal itu dirasakan oleh para ulama dan orang-orang yang memiliki kecerdasan dalam ilmu dunia. Mereka mendapati diri betapa banyak orang tidak mampu melakukan pekerjaan persis seperti yang dilakukan sebelumnya, mereka terus mengeluhkannya dan tidak mengetahui alasan akan hal itu, kemungkinan hal itu terjadi karena lemahnya keimanan yang disebabkan oleh pelanggaran-pelanggaran syari’at dalam berbagai hal.

Wallahu a'lam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Quote Islam : Karena waktu berjalan semakin cepat"

Post a Comment