7 Manfaat Jahe bagi Kesehatan yang harus anda ketahui

7 Manfaat Jahe bagi Kesehatan yang wajib anda ketahui

7 Manfaat Jahe bagi Kesehatan yang wajib anda ketahui

Penimatrindu23
- Tahu kah kamu bahwa jahe mempunyai banyak sekali manfaat nya, tidak hanya untuk menghangatkan tubuh saja. Jahe adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman jahe ini kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia. Terkenal dengan aromanya yang sangat khas, jahe juga bisa dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di berbagai negara. Ketika anda ingin memilih jahe dan mengunakannya untuk pengobatan, Anda dapat memilih jahe yang masih segar, strukturnya masih kokoh, halus, dan tidak ada jamurnya. Apa sajakah manfaat yang terkandung dari jahe yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan?

1. Mengatasi masalah pencernaan

Khasiat jahe memiliki sejarah panjang yag berguna dalam mengatasi masalah terkait pencernaan. Jahe sudah dikenal dari generasi ke generasi hingga saat ini, jahe merupakan salah satu bahan alternatif untuk pengobatan untuk memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh. Kandungan phenolic dalam jahe berguna untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, dan mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan tubuh anda. Secara historis, manfaat jahe adalah untuk menyehatkan sistem pencernaan serta mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti perut kembung, sembelit, atau naiknya asam lambung terkait dengan stres.

2. Mengurangi mual

Gangguan sakit perut biasa seperti mual, hingga morning sickness yang dialami oleh ibu hamil, semua itu dapat diatasi menggunakan jahe. Baru-baru ini penelitian oleh para ilmuwan dari negara Taiwan mendapati bahwa dalam 3 kapsul (total 1.2 gram) jahe bisa membantu meredakan rasa tidak nyaman yang dirasakan oleh penderita gangguan pencernaan jenis dispepsia atau maag.

3. Mengurangi nyeri otot

Selain berguna dalam menjaga kesehatan otot Anda, penelitian pada tahun 2013 yang berkaitan mengenai jahe menemukan bahwa jahe mempunyai manfaat  untuk menghilangkan ketidaknyamanan di otot akibat nyeri pada atlet. Selama percobaan dalam kurun waktu 6 minggu ini, mereka yang mengonsumsi jahe mengalami penurunan nyeri otot yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi jahe.

4. Mengurangi peradangan

Apakah anda pernah mengalami wajah bengkak dengan kulit kemerahan? Pada umumnya peradangan yang terjadi di dalam tubuh menimbulkan dampak yang demikian. Entah itu disebabkan karena pola kesehatan yang buruk atau salah makan, peradangan bukanlah hal yang bagus untuk kesehatan tubuh anda. Untuk mengatasinya, jahe bisa membantu. Sebabnya salah satu manfaat yang terkandung dari jahe untuk kesehatan adalah berfungsi sebagai anti inflamasi, antiviral, dan bahkan antibakteri dalam tubuh.

5. Melindungi Anda dari kanker

Salah satu manfaat yang terkandung dalam  jahe yang berperan dalam mencegah kanker yaitu gingerol, phytonutrient dalam jahe yang juga memberikan rasa pada jahe yang unik. Gingerol dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar. University of Minnesota melakukan penelitian menggunakan percobaan kepada sekelompok tikus, pada kelompok yang diberi gingerol terdapat 4 tikus yang mengalami tumor usus besar, sementara pada kelompok yang tidak diberi gingerol terdapat 13 tikus yang mengalami pertumbuhan tumor. Hingga sampai pada hari ke 49 penelitian, seluruh tikus yang tidak diberi gingerol akhirnya disuntik mati dikarenakan pertumbuhan tumornya sudah terlalu besar, sementara pada tikus yang diberi gingerol ukuran tumornya setengah dari ukuran tikus yang disuntik mati.

Kemudian peneliti yang sama  menguji apakah selain mencegah pembentukan tumor, gingerol juga dapat mencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor. Penelitian tersebut memberikan hasil positif. Gingerol dinilai mampu untuk mencegah penyebaran dan bertambah parahnya sel tumor yang sudah tidak dapat dioperasi.

6. Mengurangi rasa sakit

Suatu penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia menyatakan bahwa konsumsi suplemen jahe setiap hari dapat mengurangi sakit-sakit otot yang diakibatkan oleh berolahraga hingga 25%. Manfaat jahe juga dapat mengurangi rasa sakit akibat dysmenorrhea, rasa sakit pada saat menstruasi. Dalam suatu penelitian lain, juga disebutkan bahwa 60% wanita merasa rasa sakit yang dikarenakan oleh menstruasi berkurang setelah mengonsumsi jahe.

7. Mencegah Kebotakan

Rambut yang sering rontok dapat juga dapat diatasi dengan menggunakan jahe. Jahe merangsang folikel di kulit kepala untuk memelihara kulit kepala anda, serta dapat menguatkannya. Gunakan jahe sebagai masker rambut dengan cara menghancurkannya dan mencampurnya dengan minyak kelapa murni.

Selanjutnya Bagaimana cara membuat minuman jahe untuk kesehatan?

Untuk mendapatkan manfaat dari jahe yang optimal, sebaiknya anda memilih jahe segar. Cara umum untuk membuat air jahe untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

- Parut 1,5 sendok teh jahe segar
- Rebus 4 gelas air
- Tambahkan jahe ke dalam air
- Biarkan jahe meresap selama sekitar 5-10 menit
- Saring airnya untuk memisahkan parutan jahe
- Air jahe dapat diminum baik panas maupun dingin.

Bila rasanya terlalu kuat, Anda boleh menambahkan sedikit perasan air lemon. Pasalnya, lemon banyak dipakai sebagai salah satu bahan alami  untuk mrnurunkan berat badan karenanya dipercaya dapat membantu meningkatkan kerja metabolisme tubuh. Semakin cepat metabolisme Anda bekerja, semakin cepat dan banyak simpanan lemak yang dibakar.

Selain itu, lemon juga memiliki sifat diuretik alami yang bisa membantu membersihkan usus dari tumpukan sisa makanan pemicu sembelit. Logikanya adalah semakin banyak sisa makanan yang mengeras menumpuk di usus, semakin bobot badan Anda bertambah.

Teori lainnya menyatakan bahwa lemon adalah sumber makanan yang amat rendah rendah kalori sehingga tidak akan memicu kenaikan berat badan, karena sifat asamnya justru membantu meredam rasa lapar.

Itulah manfaat jahe yang dipercaya untuk menyembuhkan beberapa penyakit didalam tubuh. Karena jahe merupakan obat herbal, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek samping yang mungkin bisa terjadi. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Jahe bagi Kesehatan yang harus anda ketahui"

Post a Comment