Keutamaan dan Manfaat Puasa Syawal

Keutamaan dan Manfaat Puasa Syawal

Keutamaan dan Manfaat Puasa Syawal

penikmatrindu23 - Setelah menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 Syawal 1441 H atau 24 Mei 2020. Seperti bulan Ramadhan, ada beberapa amalan ibadah yang  dianjurkan untuk kalian laksanakan di bulan Syawal. Salah satunya yakni puasa Syawal. 

Puasa Syawal yang disunahkan ini berbeda dengan puasa pada bulan suci Ramadhan. Puasa syawal hanya disunahkan untuk anda lakukan selama enam hari saja. Umat muslim diberi waktu selama satu bulan. Akan tetapi, Anda baru diperbolehkan berpuasa setelah hari Raya Idul Fitri berlangsung. Puasa Syawal sangat dianjurkan, karena hukumnya sunah muakkadah.

Simaklah sabda Rasulullah SAW,“Barang siapa yang telah berpuasa Ramadan dan kemudian dia mengikutkannya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka dia seperti orang yang berpuasa selama satu tahun.” (HR Muslim)

Niat

Untuk memantapkan hati, dianjurkan bagi kamu yang ingin menjalankan puasa Syawal dengan melafalkan niatnya. Berikut ini lafal niat puasa Syawal 6 hari.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى‎

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatis Syawwâli lillâhi ta‘âlâ. 

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Syawal esok hari karena Allah SWT.”

Cara Melaksanakan Puasa Syawal

Seperti dikatakan sebelumnya, waktu puasa Syawal dilakukan selama 6 hari di bulan Syawal.  
1. Puasa Syawal dilakukan selama 6 hari di bulan Syawal
2. Lebih utama dilakukan sehari pasca Idul Fitri, namun tidak mengapa bila dilakukan di akhir-akhir bulan Syawal
3. Lebih utama dilakukan secara berurutan, tetapi tidak mengapa bila dilakukan tidak berurutan
4. Wajib mengganti puasa terlebih dahulu agar mendapatkan keutamaan puasa Syawal

Keutamaan Puasa Syawal 

1. Setara Puasa Satu Tahun
2. Menyempurnakan Ibadah
3. Tanda Diterimanya Amalan Puasa Ramadhan
4. Ganjaran 10 Kali Lipat
5. Mendapat Pertolongan Rasulullah
6. Tanda Peningkatan Iman

Manfaat Puasa Syawal 

Selain Keutamaan di atas, puasa syawal juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa sajakah manfaatnya ? 

Pertama, Meningkatkan sistem kekebalan tubuh : Sama seperti manfaat puasa pada umumnya, salah satu manfaat  yang terdapat dalam puasa Syawal yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini  telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Southern Califormia yang tertarik mempelajari kaitan antara puasa dan daya tahan tubuh seseorang.

                   Ketika Hatimu Gelisah

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menjelaskan telah menemukan bahwa rasa lapar selama puasa dapat memicu sel-sel induk dalam tubuh memproduksi sel darah putih baru yang melawan infeksi. Mereka menyebut puasa sebagai “pembalik sakelar regeneratif” yang mendorong sel induk menciptakan sel darah putih baru.

Kedua, Mencegah timbulnya gangguan pencernaan : Manfaat puasa Syawal berikutnya yaitu dapat mencegah timbulnya gangguan pencernaan. Selama bulan suci Ramadan, sistem pencernaan dikondisikan untuk bekerja lebih lambat dari hari- hari biasanya dikarenakan ada perubahan dalam pola makan yang kita lakukan.

Begitu masuk hari raya idul fitri atau  lebaran, pola makan yang kita laukukan kembali normal seperti biasanya sehingga umat Islam dapat kembali makan 3 hari sekali. Hal inilah yang dapat berisiko menyebabkan gangguan pencernaan.

Nah, agar sistem pencernaan tidak kaget, dibutuhkan masa untuk transisi yang biasanya memakan waktu antara 3 hari hingga 1 minggu. Maka dari itu, puasa Syawal selama 6 hari sangat bermanfaat untuk mengendalikan masa transisi tersebut.

Ketiga, Mengendalikan gula dan lemak dalam tubuh
Saat hari raya Idul Fitri telah tiba, sebagian orang mungkin saja mengonsumsi makanan yang berminyak dan berlemak, serta mengandung kadar gula yang tinggi. Dengan menjalankan sunah puasa Syawal, tubuh kita dapat mengendalikan kadar gula dan lemak yang masuk dalam tubuh sehingga dapat membantu mengontrol pola makan.

Keempat, Menurunkan berat badan
Tak sedikit kebanyakan orang yang menjalankan puasa karena ingin menurunkan berat badan. Pada dasarnya, berpuasa memang dapat membuat kita jadi makan lebih sedikit. karena dalam berpuasa kita menahan lapar dan haus. 

Saat berpuasa, kadar insulin di dalam tubuh kita akan menurun, tetapi kadar hormon pertumbuhan dan norepinefrin akan meningkat. Hal ini yang akan dapat memicu tubuh untuk memecah lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi. Berpuasa juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita sehingga tubuh akan membakar lebih banyak kalori. 

Kelima, Mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2
Menjalani puasa Syawal juga dipercaya akan dapat menurunkan risiko seseorang terkena diabetes melitus tipe 2. Pasalnya, berpuasa dapat mengendalikan insulin dan membantu untuk menurunkan berat badan kita, di mana kedua faktor ini yang berhubungan erat dengan penyakit diabetes.

Keenam, Meningkatkan kesehatan jantung
Manfaat puasa Syawal berikutnyanya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ya, para peneliti mengungkapkan bahwa berpuasa dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan kadar trigliserida.

Ketujuh, Menyehatkan otak
Sebuah hasil penelitian studi yang dilakukan pada hewan uji mengungkapkan bahwa berpuasa dapat meningkatkan kemampuan belajar serta daya ingat. Selain itu, manfaat puasa juga dapat mengurangi risiko munculnya penyakit Alzheimer, Parkinson, dan stroke.

Kedelapan, Mencegah kanker
Jika kita Rutin berpuasa baik puasa wajib maupun puasa sunnah, termasuk menjalani puasa Syawal, diyakini dapat mengendalikan kadar insulin dan meredakan peradangan atau inflamasi dalam tubuh kita. Keduanya merupakan faktor biologis yang telah lama dikaitkan dengan terbentuknya sel kanker.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan dan Manfaat Puasa Syawal"

Post a Comment