Manfaat Ikhlas dalam bekerja




Mungkin kamu pernah merasakan jenuh saat bekerja, seolah setiap tugas yang kamu kerjakan tak pernah beres di mata atasan hingga akhirnya membuatmu nelangsa. Sebelum memvonis diri anda lebih jauh, cobalah untuk introspeksi diri anda.

Di zaman saat ini hampir setiap apa yang kita kerjakan pasti di ukur dengan sebuah materi. Tapi pernahkah anda berfikir untuk bekerja secara ikhlas dalam hati anda? ya, tentunya sedikit sekali orang yang bekerja dengan hati yang ikhlas. Memang, bekerja secara Ikhlas sulit dilakukan bagi orang yang memang terlalu perhitungan dengan materi. Namun demikian, pekerjaan apapun bisa kita kerjakan dengan hati yang ikhlas. Karena jika kita bekerja dengan hati yang ikhlas, pekerjaan apapun yang kita lakukan akan terasa ringan dan tidak menjadi sebuah beban dalam bekerja.

Ikhlas mempunyai arti yaitu membersihkan tujuan bekerja sebagai ibadah kepada Allah SWT dari segala noda yang mengotorinya. Memfokuskan diri bekerja sebagai ibadah hanya kepada Allah SWT dan bahkan bisa juga berarti tidak memperhatikan alam sekitar karena yang ada di matanya hanyalah Allah SWT semata.

Ikhlas merupakan syarat diterimanya pekerjaan sebagai amal shalih.  Allah SWT memerintahkan kita sebagai hambanya  untuk selalu senantiasa  ikhlas dalam bekerja agar dapat dinilai sebagai amal shalih. "Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar)". (QS Al Bayyinah: 5). 

Menanamkan sikap ikhlas dalam hidup dan bekerja merupakan hal yang harus selalu kita upayakan. Bekerja adalah salah satu aktivitas mulia dalam mempertahankan kelangsungan hidup manusia untuk mencari nafkah. Oleh karena itu, sikap ikhlas yang kuat di dalam melaksanakan kerja juga bisa dinilai sebagai ibadah bagi seorang manusia.

Adapun Jika kita ikhlas dalam bekerja mempunyai manfaat dalam hidup anda :

1. Hati jadi lapang

Salah satu hal yang menjadi keuntungan seseorang bekerja dengan ikhlas yakni hati menjadi lapang dan tenang. Ketahuilah, saat suasana hati menjadi lebih ikhlas, bekerja pun menjadi nyaman dan lancar. dan  semua yang anda kerjakan akan terasa lebih mudah. 

2. Tetap energik dan semangatTetap energik dan semangat

Awal bangun tidurmu  dengan semangat dan ikhlas dalam aktivitas anda hari ini. Siapa pun yang ikhlas menjalankan sesuatu, seperti bekerja mencari nafkah, maka ia akan lebih mudah untuk energik dan bersemangat dalam menjalankan harinya. Ini disebabkan oleh perasaan positif yang hadir dalam hatinya lantaran ikhlas menjalankan rutinitasnya. 

3. Gak mudah berkeluh kesah

Ketika sikap ikhlas sudah hadir dalam hati anda, tentu gundah gulana hingga keluh kesah yang mengendap dihati anda akan mampu anda kendalikan dengan baik dan urung untuk ditumpahkan. Dengan begitu anda pun menjadi lebih sabar dan mudah untuk mengontrol emosi anda. dan semua keluh kesah anda akan hilang.

4. Bisa berdamai dengan keadaan

Menanamkan sikap ikhlas dalam hidup dan bekerja akan membuat kita bisa lebih bertahan di dalam menghadapi berbagai cobaan dan ujian hidup maupun apa-apa yang mungkin kita alami dalam bekerja. Niat yang lurus karena Allah semata akan membuat seseorang lebih mampu bertahan dari berbagai bentuk permasalahan. Karena semata-mata ia sadar, bahwa apa yang dilakukan bukan karena manusia melainkan semata-mata mencari keridhaan Allah SWT.

Jadi marilah  berlatih meningkatkan keikhlasan dalam bekerja dimanapun dan kapupun, karena ikhlas merupakan kompetensi tertinggi dalam implementasi ESQ di dunia kerja yang harus dimiliki oleh setiap manusia yang ingin berhasil meraih kesuksesan dan kebahagiaan.  Fitrah diri manusia yang terlahir sempurna akan tercemar saat berperilaku tidak ikhlas.

Ketika ikhlas terimplementasi saat bekerja maka segalanya hanya mengharapkan bimbingan-Nya untuk memberikan manfaat terbesar bagi setiap orang.  Dalam hati yang ikhlas selalu merasakan rasa syukur, sabar, fokus, tenang dan bahagia dalam menerima apa pun yang dialami selama proses menuju yang diinginkan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Ikhlas dalam bekerja"