Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogspot


Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogspot

Penikmatrindu23- Halo sobat blogger selamat malam, pernah gak sih sobat blogger mendapatkan email seperti gambar dibawah ini? Jika pernah tak usah bingung atau khawatir, karena cukup mudah untuk mengatasi permasalahan diatas. Jika sobat blogger mendapat pemberitahuan seperti gambar di bawah ini, maka segeralah mengaktifkannya. Karena dampaknya cukup memang fatal bagi adsense sobat blogger. Jika sobat terlambat mengaktifkannya, perlu 24 jam lagi baru iklan adsense sobat akan tayang kembali setelah diaktifkan kemudian.


Untuk pengguna Blogspot caranya cukup mudah untuk mengaltifkan ads.txt. Tinggal masuk saja ke bagian 'Setelan' di dashboard  blog anda kemudian pilih klik 'Preferensi Penelusuran'. lalu Geser halaman ke bagian paling bawah hingga anda akan menemukan sebuah tulisan Monetisasi. Jika belum aktif, maka tulisannya '[Dinonaktifkan]'. Sisa mengklik 'Edit' untuk configurasi.

Sebelum menyetel ads.txt nya, hal paling pertama yang harus anda mesti dilakukan adalah membuat file ads.txt. Formatnya adalah seperti berikut ini:

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Kode tersebut merupakan informasi tiga data yang sangat penting bagi adsense anda. Field pertama, Google.com merupakan nama domian untuk sistem periklanan. Karena penyedia jasa Adsense dibuat oleh Google maka hal ini diletakkan paling awal.

Field kedua ID merupakan akun penayangan. Karena berbicara tentang iklan penayangan Adsense, maka ID Penayangan Adsenselah yang harus dimasukkan. Nomornya harus sama persis dengan yang tertera di dashboard Adsense yang anda miliki. Kalau punya saluran lain seperti DoubleClick for Publishers atau Ad Exchange, silahkan masukan masing-masing.

Baca Juga : Cara cek artikel blog apakah original atau copas dengan mudah
                     Cara daftar Google Analytics terbaru 2020

Field ketiga merupakan format kerjasamanya. Atau hubungan dengan ID akun tersebut. Ada dua jenis yang bisa untuk anda gunakan, 'DIRECT' dan 'RESELLER'. Direct khusus untuk penayang iklan yang bekerjasama dengan sistem periklanan langsung. Seperti Google Adsense.

Memasukkan Direct berarti menjalin kerjasama langsung tanpa kontrol penuh untuk iklan yang ditayangkan. Sedangkan memasukkan Reseller sebaliknya. Kita bisa mengontrol iklan dan memberikan akses ke pihak ketiga yang hendak memasang iklan. Layanan DFP dan Ad Exchange lebih tepat untuk ini.

Sedangkan field terakhir merupakan sebuah ID otoritas sertifikasi. Jika ketiga field di atas sifatnya wajib, untuk ID otoritas ini optional, alias bisa atau tidak digunakan. Namun sebaiknya tetap diterapkan untuk blog yang anda miliki. Karena kombinasi huruf angka di bagian akhir itu adalah Trustworthy Accountability Group (TAG) milik Google.

Setelah mengganti ID Penayangan pada kode di atas dengan milik anda, kemudian selanjutnya paste di laman 'Monetisasi' seperti gambar berikut. Kemudian klik 'Simpan Perubahan' untuk menyelesaikan. Selanjutnya Tunggulah waktu hingga 24 jam kemudian agar ads.txt tersebut aktif.



Jika Masih bingung dengan penjelsan diatas ikuti langkah di bawah ini :

Langkah Pertama, Login ke “blogger”  kemudian pilih atau klik“Setelan” setelah itu klik “Preferensi penelusuran” > Pada bagian “ads.txt kustom” isi dengan ads.txt berikut:


google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Langkah Kedua, Ganti yang angka berwarna merah tersebut dengan ID Akun AdSense milik anda
ID Akun AdSense bisa dilihat pada URL dashboard AdSense. lihat gambar di bawah ini.



Langkah Terkhir, Setelah itu jangan lupa klik “Simpan Perubahan
Setelah anda mengaktifkan file Ads.txt  tersebut biasanya iklan AdSensenya menjadi blank/tidak muncul. Silakan anda tunggu saja waktu 1x24jam sampai iklannya muncul kembali.

Demikianlah cara Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogspot. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat blog penikmat rindu. dan jangan lupa baca artikel yang lain ya.. terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogspot"

Post a Comment