7 Manfaat Buah Kurma bagi Kesehatan

7 Manfaat Buah Kurma bagi Kesehatan

Penikmatrindu23 - Kurma merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi umat muslim pada saat berpuasa di Bulan Suci Ramadhan. Buah berwarna cokelat dan bercita rasa manis ini kerap jadi hidangan takjil untuk buka puasa. Tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, kurma juga kaya akan kandungan protein, vitamin, mineral, dan beragam nutrisi lainnya.

Tak hanya pada saat Bulan Suci Ramadhan saja, kurma juga bisa ditemukan di hari-hari biasa lainnya. dan biasanya disajikan sebagai hidangan makanan ringan untuk menemani aktivitas kegitatan yang kita jalani di kantor atau pun untuk menjamu tamu di rumah. 


Beberapa jenis buah kurma yang terkenal adalah yang berasal dari jalur Gaza, Mesir, dan Arab Saudi. Kurma dari negara tersesbut juga dikenal kualitas tinggi dan memiliki cita rasa yang manis, jenis tersebut dihargai agak lebih mahal dibandingkan dengan kurma pada umumnya.

Kurma merupakan salah satu jenis buah yang bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun. Namun pada umumnya, buah ini  juga sering dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya. Alasannya, karena di musim dingin buah kurma ini berada dalam kondisi paling segar, sehingga enak dikonsumsi.

Buah kurma juga sering disebut sebagai buah nabi ini nyatanya memiliki kaya nutrisi yang baik bagi kesehatan. Secara umum, kandungan utama yang terdapat dari buah ini adalah karbohidrat sederhana (terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa). Hampir 70% dari kurma terdiri dari karbohirat. Kurma juga memiliki beberapa kandungan sumber nutrisi lainnya, seperti:

  • 7 gram serat
  • 2 gram protein
  • 20% kebutuhan kalium harian
  • 14% kebutuhan magnesium harian
  • 18% kebutuhan tembaga
  • 15%  kebutuhan mangan
  • 5% kebutuhan zat besi harian
  • 12% kebutuhan vitamin B6 harian

Tak hanya itu. Kurma juga kaya akan asupan kalsium, zat besi, vitamin K, folat, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin.

Dibedakan dari tingkat kematangannya, kandungan nutrisi buah kurma ini bisa bervariasi antar satu buah dengan yang lain. Contohnya saja, kurma yang segar lebih sedikit kandungan kalori dan gulanya ketimbang kurma kering. Per 100 gram kurma yang dikeringkan mengandung 284 kalori dan 76 gram karbohidrat.

Kemudian kita bandingkan dengan takaran sama, buah yang segar mengandung hanya sekitar 142 kalori dan 37 gram karbohidrat. Sebaliknya, kurma segar memiliki kandungan air, serat, dan protein yang jauh lebih banyak daripada versi keringnya.

Selain untuk dikonsumsi sebagai kudapan makanan yang lezat, ternyata buah kurma ini juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh anda, lho.

Untuk mengetahui apa saja manfaat kurma bagi kesehatan yang jarang anda diketahui, maka simaklah dibawah ini:

1. Sumber serat untuk melancarkan pencernaan

Kurma adalah sumber serat yang baik untuk bagi tubuh anda. Dalam 3,5 ons kurma terdapat 7 gram serat.

Serat baik bagi saluran pencernaan untuk mencegah sembelit. Dikutip dari Healthline, peneltian menunjukkan, bahwa orang yang mengonsumsi tujuh kurma setiap hari, buang air besar secara teratur dibandingkan sebelum memakan kurma.

2. Meningkatkan Energi dengan Cepat

Kurma adalah buah yang dapat membantu Anda tetap berenergi setiap saat. Karena buah kurma memiliki kandungan tinggi glukosa, fruktosa, dan sukrosa pada kurma mampu memberikan Anda suntikan energi dengan cepat.

3. Kaya antioksidan untuk mencegah kanker

Kurma juga mengandung sejumlah antioksidan yang dapat membantu mencegah sejumlah penyakit kronis. Antioksidan ini mampu melindungi sel-sel di dalam tubuh dari radikal bebas, penyebab peradangan dan kerusakan organ.

Antioksidan yang terkandung dalam kurma, yaitu flavonoid, bermanfaat mengurangi risiko diabetes, Alzheimer, dan kanker. Ada pula karotenoid yang menjaga kesehatan jantung dan mata. Kandungan antioksidan asam fenolik di dalam kurma juga dapat mencegah inflamasi dan sejumlah penyakit kanker.

4. Menjaga kesehatan tulang

Kurma juga mengandung sejumlah mineral yang baik untuk kesehatan tulang Anda. karena Mineral yang terdapat di dalam buah kurma ini meliputi fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Kandungan mineral di dalam buah kurma ini dapat mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

5. Meningkatkan Kemampuan Otak

Studi yang di lakukan oleh  Neural Degeneration Research pada tahun 2016 menemukan bahwa buah kurma ini berpotensi menghambat produksi protein pemicu peradangan bernama interleukin 6 (IL-6) di otak. Kadar IL-6 yang tinggi di dalam otak sering dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa buah ini juga bermanfaat mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak.

Ketika plak menumpuk di dalam otak, mereka dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang pada akhirnya akan mengakibatkan kematian sel otak. Kematian sel otak adalah salah satu penyebab terjadi munculnya penyakit Alzheimer dan demensia.

Penelitian lain pada tikus juga membuktikan kebaikan buah ini untuk mempertajam daya ingat. Selain menunjukkan kemampuan belajar dan penyimpanan memori yang lebih baik, tikus yang diberi makan kurma juga berperilaku lebih tenang.

Manfaat kurma untuk kesehatan otak ini masih berhubungan dengan antioksidan flavonoid untuk mengurangi peradangan di otak. Namun, penelitian lanjutan masih diperlukan untuk memastikan potensi peran buah asal Arab ini untuk kesehatan otak manusia.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kurma juga memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Mineral yang terkandung di dalam kurma, antara lain magnesium dan kalium. Kedua mineral ini dapat membantu anda menurunkan tekanan darah ke tingkat yang lebih sehat. Ditambah lagi, kandungan serat dalam buah kurma ini juga sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan antioksidan asam fenolik yang terkenal karena sifat antiradangnya. Asam fenolik dipercaya dapat membantu menurunkan risiko Anda terkena hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

Sehingga Para ahli sangat merekomendasikan untuk makan buah  kurma ini setidaknya dua kali seminggu untuk memelihara kesehatan jantung Anda.

7. Meringankan persalinan

Konsumsi kurma pada ibu yang sedang hamil juga dapat meringankan persalinan. Mengonsumsi kurma di minggu-minggu terakhir kehamilan dapat menurunkan risiko persalinan dengan diinduksi.

Hasil Studi menunjukkan, bahwa ibu hamil yang rutin mengonsumsi buah kurma, melahirkan secara normal dengan waktu empat jam lebih sedikit dibandingkan ibu hamil yang tidak memakan kurma.

Kandungan senyawa yang mengikat reseptor oksitosin dalam kurma disinyalir dapat memicu kontraksi saat melahirkan. Kurma juga mengandung tanin, senyawa yang membantu kontraksi alami.

Beberapa penelitian lain mengatakan bahwa buah kurma mengandung zat-zat aktif tertentu yang dapat memicu produksi hormon oksitosin lebih banyak. Hormon oksitosin dapat meningkatkan sensitivitas rahim dan memulai kontraksi.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research mengatakan bahwa buah asal Arab ini memiliki kandungan zat tanin yang dapat bermanfaat untuk melancarkan kontraksi tanpa rasa sakit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Buah Kurma bagi Kesehatan"

Post a Comment